Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melacak Lokasi dan Identitas Orang Lain lewat WhatsApp, Mudah

Kompas.com - 18/03/2024, 17:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna mungkin tertarik mencoba cara melacak nomor WhatsApp untuk mengetahui lokasi dan identitas orang lain. Pelacakan itu bakal membantu pengguna mendapatkan informasi lokasi dan identitas orang lain.

Dalam kondisi tertentu, pengguna mungkin bakal membutuhkan informasi tersebut. Untuk informasi lokasi, pengguna mungkin akan membutuhkannya ketika hendak mengetahui keberadaan terkini orang terdekatnya.

Baca juga: Bahaya Pakai Social Spy WhatsApp yang Perlu Diwaspadai, Bisa Kena Scam

Kemudian, untuk informasi identitas seseorang, pengguna mungkin bakal membutuhkannya ketika ingin mengetahui siapa pemilik nomor WhatsApp tak dikenal yang tengah menghubungi.

Lantaran bakal cukup berguna, pengguna kiranya penting untuk mengetahui cara melacak lokasi dan identitas orang lain lewat WhatsApp. Lantas, bagaimana cara melacak lokasi dan identitas orang lain lewat WhatsApp?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara melacak nomor WhatsApp untuk mengetahui identitas dan lokasi orang lain.

Cara melacak nomor WhatsApp

Cara melacak lokasi dan identitas orang lain lewat WhatsApp itu sejatinya cukup mudah. Pengguna bisa memakai fitur bawaan dan aplikasi tambahan. Adapun penjelasan cara melacak nomor WhatsApp adalah sebagai berikut.

1. Cara melacak lokasi orang lain lewat WhatsApp

Cara melacak lokasi orang lain lewat WhatsApp bisa dilakukan dengan fitur bawaan, yaitu Share Live Location atau Bagikan Lokasi Terkini.

Fitur Share Live Location WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi lokasi terkini dari orang lain yang membagikannya. Lewat Share Live Location WhatsApp, orang lain bisa mengirim informasi lokasi terkini ke pengguna.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Akun Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam

Kemudian, pengguna yang menerima informasi itu bisa melacak lokasi pengguna secara real-time dalam jangka waktu tertentu. Adapun penjelasan soal cara melacak lokasi orang lain lewat WhatsApp dengan fitur Share Live Location adalah sebagai berikut:

  • Pastikan orang lain telah membagikan lokasi terkininya lewat fitur Share Live Location di ruang obrolan WhatsApp.
  • Untuk membagikan lokasi terkini, caranya klik ikon tambah yang berada di kolom pengetikan pesan dan pilih opsi “Lokasi”.
  • Setelah itu, bakal muncul peta dan klik opsi “Bagikan Lokasi Terkini” atau “Share Live Location”.
  • Kemudian, pilih durasi informasi lokasi terkini bakal ditayangkan, bisa 15 menit, 1 jam, dan 8 jam.
  • Selanjutnya, kirim informasi lokasi terkini ke ruang obrolan.
  • Selanjutnya, pengguna bisa melacak lokasi terkini dari orang itu lewat informasi yang dikirim ke ruang obrolan.
  • Informasi lokasi terkini bakal terhenti apabila durasinya sudah habis atau aksesnya dihentikan.

2. Cara melacak identitas orang lain lewat WhatsApp

Untuk melacak identitas orang lain lewat WhatsApp, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi pelacak identitas nomor telepon, salah satu contohnya seperti Getcontact.

Aplikasi tersebut bakal mengidentifikasi nomor telepon sesuai database yang dimiliki. Adapun database tersebut dikumpulkan lewat cara crowdsourcing (urun daya). Database itu berisi riwayat para pengguna dalam memberikan nama atau tag pada nomor telepon.

Dengan aplikasi itu, pengguna bisa mengetahui identitas nama pemilik nomor WhatsApp asing yang tengah menghubungi. Adapun cara melacak identitas orang lain lewat WhatsApp menggunakan Getcontact adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Getcontact di App Store (iPhone) atau Play Store (Android).
  • Setelah terinstal, buka aplikasi Getcontact dan login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Kemudian, masukkan nomor WhatsApp tak dikenal yang hendak diketahui identitas nama pemiliknya.
  • Terakhir, Getcontact bakal menyajikan daftar nama yang diberikan oleh para pengguna lain atas nomor telepon tersebut.

Cukup mudah bukan cara melacak lokasi seseorang lewat WhatsApp dan mengetahui identitasnya? Melalui cara di atas, pengguna bisa mengetahui dengan mudah keberadaan terkini seseorang dan identitas orang asing yang menghubungi.

Demikianlah penjelasan seputar cara melacak lokasi dan identitas orang lain lewat WhatsApp dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Baca juga: 3 Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Kita Disimpan atau Tidak, Mudah dan Praktis

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com