Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Transkrip Pesan Suara di Ponsel Android

Kompas.com - 21/03/2024, 19:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Setelah setahun hadir di platform iOS, fitur transkrip pesan suara (Voice Message Transcripts) di WhatsApp akan segera hadir di Android.

Seperti namanya, fitur yang tersedia di iOS sejak Mei 2023 ini memungkinkan pengguna untuk mengubah pesan suara menjadi teks. Pengguna bisa mengetahui isi pesan suara tanpa perlu memutarnya terlebih dahulu.

Dengan begitu, pengguna yang sedang sibuk atau dalam kondisi bising yang tidak bisa mendengar pesan suara akan lebih dipermudah.

Adapun kehadiran fitur transkrip pesan suara ini diumbar oleh blog yang mengulas informasi seputar sistem operasi (OS) Android, TheSpAndroid.

TheSpAndroid menemukan baris kode di WhatsApp Beta versi 2.24.7.7, yang mengindikasikan bahwa fitur transkrip suara bakal hadir di Android. Menurut kode tersebut, pengguna nantinya diwajibkan untuk mengunduh data sebesar 150 MB guna mengaktifkan fitur itu.

Baca juga: Tampilan WhatsApp Mendadak Berubah, Menu Chat Pindah ke Bawah, Bisakah Dikembalikan?

Selain itu, baris kode tersebut juga menyinggung "Read before you listen with transcripts" (Baca sebelum Anda mendengar dengan transkrip) dan "WhatsApp uses your device's speech recognition to provide end-to-end encrypted transcripts" (WhatsApp menggunakan teknologi pengenalan ucapan perangkat Anda untuk menyediakan transkrip terenkripsi ujung ke ujung).

Baris kode di atas mengonfirmasi bahwa fitur Voice Message Transcripts bakal menggunakan pengenalan ucapan (speech recognition), sehingga sama seperti versi iOS.

Untuk versi iOS, pengguna diwajibkan untuk mengaktifkan fitur transkip suara lewat menu "Settings" > "Chats". Pengguna juga perlu mengaktifkan asisten pribadi Siri dengan perintah suara "Hey Siri".

Tangkapan jendela pop-up WhatsApp di iOS berisi informasi fitur Voice Note Transcript.WABetaInfo Tangkapan jendela pop-up WhatsApp di iOS berisi informasi fitur Voice Note Transcript.
Nantinya, Siri bakal mendengarkan pesan suara yang diterima, kemudian mengubahnya menjadi teks tertulis. Transkrip ini menggunakan enkripsi ujung ke ujung (end to end encryption/E2EE), sehingga dilindungi dari pihak ketiga yang tidak diinginkan.

Kendati demikian, hasil transkrip pesan suara ini tidak selamanya akurat, misalnya karena suara latar belakang yang bising. Kelemahan lainnya, transkrip WhatsApp tidak mendukung semua bahasa.

Transkrip juga dilakukan secara otomatis apabila durasi pesan suara di bawah dua menit. Jika melebihi durasi itu, pengguna harus secara manual meminta transkrip, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (21/3/2024).

Sejauh ini belum diketahui kapan fitur baru WhatsApp ini bakal dirilis untuk semua pengguna. Tidak diketahui pula apa saja perbedaan antara transkrip pesan suara WA di Android dan di iOS.

Tampilan WhatsApp berubah

Tampilan WhatsApp di Android saat ini berubah menjadi seperti tampilan WhatsApp di perangkat iOS atau iPhone.

Perubahan tampilan WhatsApp Android secara signifikan merombak tata letak bar menu utama. Perbedaan antara tampilan WhatsApp Android versi baru dan lama bisa dilihat lebih lanjut pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi perubahan tampilan WhatsApp di Android. Tampilan WhatsApp versi sebelumnya dengan bar menu berada di atas (kanan) dan tampilan baru dengan bar menu di bawah (kiri).KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Ilustrasi perubahan tampilan WhatsApp di Android. Tampilan WhatsApp versi sebelumnya dengan bar menu berada di atas (kanan) dan tampilan baru dengan bar menu di bawah (kiri).
Dari gambar tersebut, diketahui bahwa perubahan tampilan menyebabkan bar menu utama, yang berisi menu “Chat”, “Status”, “Communities”, dan “Calls”, pada aplikasi WhatsApp menjadi berada di bawah kolom daftar obrolan.

Baca juga: Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebelum terdapat perubahan, bar menu utama di WhatsApp Android terletak di atas kolom daftar obrolan. Dengan perubahan ini, tampilan WhatsApp Android menjadi mirip dengan tampilan WhatsApp iPhone, yang mana bar menu utama berada di bawah daftar obrolan.

Tampilan WhatsApp berubah di perangkat Android sejatinya tidak berjalan baru-baru ini. Perubahan tampilan WhatsApp di perangkat Android sudah mulai bergulir sejak sekitar pertengahan tahun lalu.

Perubahan tampilan WhatsApp ini muncul tak lepas karena terdapat pembaruan aplikasi. Meski sudah cukup lama bergulir, pengguna di Indonesia tampaknya baru menerima pembaruan aplikasi WhatsApp yang membawa tampilan terbaru itu belakangan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com