Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star dalam Jaringan Komputer yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 25/03/2024, 01:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa pengetahuan dasar tentang topologi star, terutama ketika tengah belajar soal jaringan komputer. Salah satu pengetahuan dasar itu seperti kelebihan dan kekurangan topologi star.

Perlu diketahui, jaringan komputer merupakan sistem yang menghubungkan beberapa komputer sekaligus agar dapat saling berkomunikasi, transfer data, dan berbagi sumber daya. Untuk menghubungkan beberapa komputer, jaringan komputer ditopang topologi.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaannya

Sementara itu, topologi adalah konfigurasi atau metode menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan. Terdapat beberapa jenis topologi yang umum dipakai dalam jaringan komputer, salah satunya seperti yang dibicarakan sekarang, yaitu topologi star.

Setiap jenis topologi dalam jaringan komputer punya kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali topologi star. Kelebihan dan kekurangan itu yang biasanya menjadi faktor untuk menentukan hendak memakai jenis topologi yang mana ketika merancang jaringan komputer.

Pengguna kiranya perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan topologi star supaya dapat membedakannya dengan jenis topologi lain. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap soal kelebihan dan kekurangan topologi star.

Lantas, apa kelebihan dan kekurangan dari topologi star? Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai kelebihan dan kekurangan topologi star dalam jaringan komputer.

Pengertian topologi star

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangannya, ada baiknya pengguna memahami dulu pengertian topologi star. Sebab, pengertian topologi star berguna untuk memahami kelebihan dan kekurangannya nanti. Lantas, apa yang dimaksud dengan topologi star?

Topologi star adalah konfigurasi jaringan di mana setiap komputer atau node terhubung ke sebuah perangkat pusat atau biasa disebut Hub/Switch. Seperti namanya, topologi star memiliki konfigurasi jaringan dengan struktur seperti bintang.

Topologi star merupakan salah satu konfigurasi jaringan komputer yang paling umum digunakan. Dalam konfigurasi jaringan ini, semua perangkat yang terhubung ke perangkat Hub terangkai seperti struktur bintang.

Topologi star berbeda dengan topologi mesh. Dalam topologi star, sebuah node atau komputer tidak dapat langsung berkomunikasi dengan node lainnya, tetapi harus melalui bantuan dari perangkat Hub.

Kemudian, perangkat komputer periferal dalam topologi ini akan berfungsi sebagai klien, sedangkan perangkat jaringan pusat seperti Hub akan berfungsi sebagai server. Topologi star menggunakan kabel RJ-45 atau koaksial untuk menghubungkan beberapa node.

Dalam topologi bintang, semua perangkat yang terhubung sepenuhnya bergantung pada perangkat pusat atau Hub. Proses komunikasi dari seluruh node di jaringan komputer akan gagal jika perangkat pusat mengalami masalah.

Instalasi topologi bintang pada jaringan komputer itu relatif mudah. Topologi ini sudah banyak dipakai untuk membuat jaringan pada berbagai institusi, seperti rumah sakit, bank, lembaga pendidikan, dan bandara.

Itulah penjelasan mengenai apa itu topologi star yang perlu dipahami dulu. Selanjutnya, untuk kelebihan dan kekurangan topologi star, penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Kelebihan dan kekurangan topologi star

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan topologi star yang perlu diketahui. Misalnya, salah satu kelebihan topologi star adalah mudah diinstalasi. Kemudian, kelebihan topologi star lainnya adalah lebih mudah untuk diperluas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com