Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menonaktifkan WA Sementara di HP Android dan iPhone dengan Mudah

Kompas.com - 30/03/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan aplikasi pesan instan WhatsApp atau yang biasa disingkat WA. Salah satunya seperti cara menonaktifkan WA sementara.

Cara tersebut bakal dibutuhkan pengguna terutama ketika ingin beristirahat sejenak. Dalam kondisi tertentu seperti saat liburan atau cuti kerja, pengguna mungkin ingin aktivitasnya tidak terganggu dengan pesan-pesan di WhatsApp.

Baca juga: Kenapa WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Supaya tak terganggu, pengguna sejatinya dapat menonaktifkan WhatsApp untuk sementara waktu. Saat WA dinonaktifkan, pengguna tak akan lagi mendapatkan notifikasi-notifikasi dari aplikasi WhatsApp, yang mungkin cukup mengganggu saat beristirahat.

Dengan demikian, pengguna dapat lebih tenang ketika beristirahat sejenak. Lantaran bakal cukup berguna, pengguna penting untuk mengetahui cara menonaktifkan WA sementara. Lantas, bagaimana cara mematikan sementara WA?

Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menonaktifkan WhatsApp sementara dengan mudah dan praktis.

Cara menonaktifkan WhatsApp sementara

Cara menonaktifkan WhatsApp sementara itu cukup mudah. Ada beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan untuk membuat WhatsApp nonaktif dan akhirnya tidak memberikan notifikasi ke pengguna, yang mungkin cukup mengganggu ketika sedang beristirahat.

Misalnya, untuk menonaktifkan WhatsApp sementara, pengguna bisa mengaktifkan mode pesawat di HP. Kemudian, pengguna juga bisa mematikan data internet hanya untuk aplikasi WhatsApp. Cara-cara ini semuanya bisa dilakukan di HP Android ataupun iPhone.

Untuk lebih jelasnya, adapun penjelasan mengenai beberapa cara menonaktifkan WhatsApp sementara di HP Android dan iPhone adalah sebagai berikut.

1. Cara menonaktifkan WA sementara dengan mengaktifkan mode pesawat

Cara menonaktifkan WhatsApp sementara yang pertama dan termudah adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Baik di HP Android maupun iPhone, pengguna bisa mengaktifkan mode pesawat lewat pusat kontrol dan klik ikon “pesawat”.

Mode pesawat bakal menonaktfikan semua koneksi di HP, termasuk koneksi internet dari jaringan seluler maupun WiFi. Ketika internet di HP mati, WhatsApp tak akan bisa mengirim pembaruan notifikasi ke pengguna.

Cara ini mudah buat dilakukan, tetapi punya kekurangan. Pasalnya, dengan mengaktifkan mode pesawat, semua aplikasi yang membutuhkan internet akhirnya tidak dapat dibuka. Jadi, pengguna mungkin akan kesulitan jika hendak memakai aplikasi yang butuh akses internet itu.

2. Cara menonaktifkan WA sementara dengan mematikan data internet WhatsApp

Kedua, pengguna bisa menonaktifkan WA sementara dengan mematikan akses data internet hanya untuk aplikasi WhatsApp. Cara yang kedua ini tidak akan mematikan akses data internet secara penuh seperti cara pertama.

Jadi, pengguna bakal tetap bisa mengakses aplikasi lain yang butuh koneksi internet ketika WhatsApp dinonaktifkan sementara. Adapun cara menonaktifkan WA sementara dengan mematikan data internet hanya pada aplikasi WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Kemudian, silakan matikan notifkasi untuk aplikasi WhatsApp.
  • Cara mematikan data untuk aplikasi WhatsApp bisa berbeda-beda di tiap HP.
  • Jika di iPhone, pengguna bisa mematikan data untuk aplikasi WhatsApp dengan membuka menu pengaturan bertajuk “Seluler”.
  • Kemudian, pilih aplikasi WhatsApp dan geser tombol untuk mematikan akses data internet menggunakan jaringan seluler.

Bila akses data internet dimatikan, pengguna tak akan mendapat notifikasi dari WhatsApp lagi ketika menggunakan jaringan seluler. Cara ini memiliki keterbatasan, yaitu notifikasi WA tetap akan muncul ketika pengguna terhubung dengan jaringan WiFi.

Baca juga: Tampilan WhatsApp Mendadak Berubah, Menu Chat Pindah ke Bawah, Bisakah Dikembalikan?

3. Cara menonaktifkan WA sementara dengan uninstall aplikasi

Cara menonaktifkan WhatsApp sementara yang ketiga adalah dengan menghapus atau uninstall aplikasi. Ketika aplikasi dihapus, akun WA pengguna bakal otomatis dinonaktifkan, sehingga tak dapat mengirim notifikasi. Adapun penjelasan caranya adalah sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com