Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tecno Pova 6 Resmi di Indonesia, HP Gaming Rp 2 Jutaan yang Punya Mini-LED Menyala

Kompas.com - 13/06/2024, 12:13 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen ponsel asal China yang tergabung dalam grup Transsion, Tecno resmi meluncurkan smartphone terbarunya dari Pova Series, yaitu Pova 6 di Indonesia.

Ponsel ini merupakan penerus dari Tecno Pova 5 yang meluncur di Tanah Air pada Agustus tahun lalu, dan merupakan perangkat yang diklaim sebagai "ponsel gaming" untuk kelas menengah.

PR Manager Tecno Indonesia, Anthoni Roderick mengatakan Tecno Pova 6 hadir untuk memenuhi kebutuhan para gamer yang menginginkan perangkat dengan desain kekinian, namun tetap nyaman ketika dipakai untuk main game.

"Tecno Pova 6 merupakan perangkat yang memungkinkan pengguna mendapatkan tiga pengalaman utama ketika bermain game, yaitu tingkat kemulusan tinggi, tidak panas ketika bermain game lama-lama, dan performa yang mumpuni," kata Roderick di atas panggung peluncuran Tecno Pova 6 di wilayah Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2024).

Salah satu fitur unggulan Tecno Pova 6 adalah desain punggung yang futuristik dan "garang" ala ponsel gaming. Di sisi ini, terdapat lampu Mini LED yang terdiri dari 116 unit lampu micro-LED dan 36 efek lampu yang bisa diatur penggguna.

Lampu ini diberi nama Dynamic-Light Effect dan bisa menyala sesuai dengan kegiatan pengguna, seperti bermain game. Lampu ini juga bisa menyala ketika ada notifikasi atau telepon masuk, proses pengisian daya, dan bisa dinyalakan secara terus menerus dengan fitur "Party Mode".

Baca juga: Menggenggam Tecno Pova 6, HP Gaming Kelas Menengah dengan Lampu Mini LED

Tecno Pova 6 memiliki desain punggung yang futuristik dan garang ala ponsel gaming. Di sisi ini, terdapat lampu Mini LED yang terdiri dari 116 unit lampu micro-LED dan 36 efek lampu yang bisa diatur penggguna.KOMPAS.COM/Bill Clinten Tecno Pova 6 memiliki desain punggung yang futuristik dan garang ala ponsel gaming. Di sisi ini, terdapat lampu Mini LED yang terdiri dari 116 unit lampu micro-LED dan 36 efek lampu yang bisa diatur penggguna.

Masih soal tampilan, layar berbeda dengan pendahulunya yang masih pakai IPS LCD, Tecno Pova 6 kini mengadopsi panel AMOLED dengan ukuran 6,78 inci, resolusi Full HD Plus, dan refresh rate 120 Hz. Bezel layar di ponsel ini diklaim super tipis dengan lebar 1,3 mm.

Selain desain, fitur unggulan Tecno Pova 6 adalah kapasitas baterai yang cukup jumbo di kelasnya, yaitu mencapai 6.000 mAh. Baterai sebesar ini mendukung pengisian cepat berdaya 70 watt.

Dalam kondisi baterai penuh, Tecno mengeklaim baterai ponsel gaming terbarunya ini bisa mendukung kegiatan bermain game Free Fire hingga 12 jam lebih, melakukan panggilan telepon hingga 40 jam, merekam video hingga 14,5 jam, serta memutar musik hingga 32,7 jam.

"Jika habis, baterai Tecno Pova 6 bisa diisi dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 50 menit," klaim Roderick.

Baca juga: Tecno Pova 6 Pro Resmi, Smartphone Gaming dengan Baterai 6.000 mAh

Spesifikasi Tecno Pova 6

Tecno Pova 6 ditenagai dengan chipset Mediatek Helio G99 Ultimate yang diklaim memiliki peningkatan performa hingga 10 persen apabila dibandingkan dengan Helio G99 "reguler" yang dipakai Tecno Pova 5.

Chipset ini dikombinasikan dengan dua opsi RAM 8 GB atau 12 GB, serta media penyimpanan (storage) dengan kapasitas 256 GB.

Untuk mendukung kegiatan fotografi, Tecno Pova 6 turut dibekali dengan satu kamera belakang dengan resolusi 108 MP. Di bagian depan, ada pula kamera selfie 32 MP yang dimuat pada modul punch hole yang terlerak di tengah atas layar.

Layar Tecno Pova 6 menggunakan panel AMOLED dengan ukuran 6,78 inci. Di bagian depan, ada pula kamera selfie 32 MP yang dimuat pada modul punch hole yang terlerak di tengah atas layar.KOMPAS.COM/Bill Clinten Layar Tecno Pova 6 menggunakan panel AMOLED dengan ukuran 6,78 inci. Di bagian depan, ada pula kamera selfie 32 MP yang dimuat pada modul punch hole yang terlerak di tengah atas layar.

Fitur pendukung lainnya yang ada di ponsel ini mencakup sistem pendingin Pova SuperCooled System 1.0 yang didukung dengan lempengan pendingin dengan total area mencapai 27.724 mm persegi, serta Game Assistant 4.0 dan Game Space 4.0 untuk menggenjot performa hardware guna meningkatkan pengalaman bermain game.

Ada pula fitur Ladder Charge untuk opsi pengisian baterai yang lebih aman, NFC, dukungan speaker berteknologi Dolby Atmos, tampilan antarmuka (UI) HiOS 14, IR Blaster, Extended RAM hingga 12 GB, serta jaminan baterai tetap prima ketika telah melewati siklus pengisian hingga 1.800 siklus lebih.

Di Indonesia, Tecno Pova 6 tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Comet Green, Meteorite Gray, dan Interstellar Blue. Ponsel ini memiliki bobot 195 gram dan dimensi ketebalan 7,8 mm.

Di Indonesia, Tecno Pova 6 tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Comet Green, Meteorite Gray, dan Interstellar Blue. Harga Tecno Pova 6 di Indonesia dibanderol mulai Rp 2,8 juta.KOMPAS.COM/Reska K. Nistanto Di Indonesia, Tecno Pova 6 tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Comet Green, Meteorite Gray, dan Interstellar Blue. Harga Tecno Pova 6 di Indonesia dibanderol mulai Rp 2,8 juta.

Baca juga: Mengenal Transsion, Perusahaan HP China Induk Infinix, Tecno, dan Itel

Harga Tecno Pova 6

Harga Tecno Pova 6 di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Tecno Pova 6 varian 8 GB/256 GB - Rp 2.799.000
  • Tecno Pova 6 varia 12 GB/256 GB - Rp 3.199.000

Ponsel ini akan dijual pertama kali secara online dalam program Early Bird mulai 18 Juni 2024 di sejumlah e-commerce mitra Tecno di Indonesia. Pada 20 Juni 2024, ponsel ini akan tersedia di gerai offline rekanan Tecno di seluruh Indonesia.

PR Manager Tecno Indonesia, Anthoni Roderick mengumumkan harga Tecno Pova 6 dalam acara peluncuran Tecno Pova 6 yang digelar di wilayah Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2024).KOMPAS.COM/Bill Clinten PR Manager Tecno Indonesia, Anthoni Roderick mengumumkan harga Tecno Pova 6 dalam acara peluncuran Tecno Pova 6 yang digelar di wilayah Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com