Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobile Legends Punya Sistem Emblem Baru, Lebih Simpel dan Mudah

Kompas.com - 27/06/2023, 11:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Moonton mengubah sistem Emblem di game "Mobile Legends: Bang Bang". Sistem baru ini merupakan bagian dari update teranyar yang dijadwalkan dirilis hari ini, Selasa (27/6/2023).

Adapun Emblem sendiri merupakan fitur yang bisa digunakan memperkuat karakter (hero) yang digunakan dalam pertempuran.

Emblem akan menambah atribut dan kemampuan khusus sehingga berpengaruh terhadap kinerja hero.

Pada update teranyar ini, Moonton bakal merombak penampilan (menu) untuk mengakses Emblem menjadi lebih minimalis. Contohnya saja, tiap ikon Emblem tampak tidak dilengkapi tulisan "Assassin", "Mage", dan lain-lain.

Tampilan lama Emblem di Mobile Legends: Bang BangKOMPAS.com/BILL CLINTEN Tampilan lama Emblem di Mobile Legends: Bang Bang
Tak sekadar visual saja, ada berbagai perubahan yang diimplementasi, misalnya pengurangan jumlah Emblem dari sembilan menjadi tujuh.

Baca juga: Arti Istilah Adu Mekanik yang Kerap Muncul di Game Mobile Legends

Seperti yang diketahui, Emblem dulunya dibagi menjadi Physical, Magical, Tank, Jungle, Assassin, Mage, Fighter, Marksman, dan Support.

Kini, Emblem Physical dan Magical digabung menjadi Basic Common Emblem, sedangkan Emblem Jungle dihapus dari permainan.

Tampilan baru Emblem di Mobile Legends: Bang BangYouTube Tampilan baru Emblem di Mobile Legends: Bang Bang
Perubahan juga berlaku pada jumlah atribut untuk setiap emblem, yang mana sistem sebelumnya memiliki lima atribut untuk dinaikkan, berbeda dengan versi baru yang menghadirkan tiga atribut.

Tiga atribut tersebut dibagi menjadi talent 1 alias penambahan status, talent 2 atau sub-talent pasif dengan efek khusus, serta talent 3 atau talent utama dengan efek khusus.

Sebagai contoh, ada Emblem "Swift" yang bisa dipasangkan pada talent 1. Emblem ini berguna untuk meningkatkan kecepatan serangan sebesar 10 persen.

Berpindah ke sub-talent, gamers mungkin bisa memilih sub-talent "Seasoned Hunter" untuk memberikan damage tambahan bagi karakter jenis jungler sebanyak 15 persen saat menyerang Turtle atau Lord.

Kemudian untuk talent utama, ada "Killing Spree" yang mampu meningkatkan regenerasi "darah" (Hit Points/HP) dan kecepatan berjalan setelah mendapatkan eliminasi.

Baca juga: Pemain Mobile Legends Myanmar Naomi Masuk Tim RRQ Indonesia

Menariknya, berbagai talent yang sudah dioptimalkan ini tidak dibatasi pada Emblem tertentu saja, sehingga berbeda dengan mekanisme dulu. Dengan begitu, gamers bisa bereksperimen secara bebas menggunakan berbagai variasi talent dan Emblem.

Contohnya saja ketika bermain sebagai Layla, pemain dapat menggunakan Emblem Marksman dengan sub-talent "Bargain Hunter" agar bisa mendapatkan potongan harga ketika membeli item.

Atau mungkin, gamers bisa mengandalkan Emblem Mage dengan talent "Killing Spree" untuk hero Gusion, sehingga lebih mematikan di arena pertempuran.

Nah, konfigurasi talent ini bisa dilakukan dengan tiga langkah saja. Pemain perlu mengetuk Emblem, menekan tombol "Equip", dan kemudian "Save", sebagaimana dirangkum KompasTekno dari YouTube Mobile Legends: Bang Bang Indonesia, Selasa (27/6/2023).

Berpindah ke sistem progres Emblem, pengguna tidak lagi membutuhkan "Battle Points" untuk meningkatkan (upgrade) Emblem. Akan tetapi, penggunaan "Emblem Fragment" atau "Magic Dust" masih bersifat wajib.

Perlu dicatat pula, level Emblem pemain nantinya tidak akan mengulang dari awal, tetapi mengikuti progres sebelum update ini diimplementasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com