Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus ROG Ally Z1 Versi Murah Resmi Meluncur, Indonesia Kapan Kebagian?

Kompas.com - 19/09/2023, 11:20 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com -
Sesuai janji, Asus pekan ini meresmikan kehadiran konsol handheld ROG Ally versi murah. Perangkat bernama lengkap Asus ROG Ally Z1 tersebut merupakan alternatif dari Asus ROG Ally Z1 Extreme yang lebih dulu hadir Juni lalu.

Di Indonesia, Asus menawarkan ROG Ally Z1 dengan harga Rp 10,1 juta atau berselisih Rp 1,2 juta dari ROG Ally Z1 Extreme yang dijual Rp 11 ,3 juta.

Baca juga: Melihat Konsol Game Genggam Asus ROG Ally dari Berbagai Sisi

Situs Asus Indonesia pada Selasa (19/9/2023) sudah menampilkan nama dan harga ROG Ally Z1. Namun, tombol di bawahnya masih berbunyi "Coming soon", berbeda dari ROG Z1 Extreme yang sudah bisa dibeli sehingga tombolnya berbunyi "Buy".

Ketika di-klik, tombol "Coming Soon" ROG Ally Z1 hanya me-reload tampilan laman ROG Ally di situs Asus. Sedangkan, tombol "Buy" ROG Ally Z1 Extreme akan mengantarkan pengunjung ke laman lain berisi informasi cara pembelian.

Situs Asus Indonesia masih belum mencantumkan informasi pembelian konsol handheld ROG Ally Z1Asus Situs Asus Indonesia masih belum mencantumkan informasi pembelian konsol handheld ROG Ally Z1

Ketika dihubungi oleh KompasTekno, Head of Public Relations Asus Indonesia Muhammad Firman masih belum dapat menyampaikan kapan Asus ROG Ally Z1 akan bisa dipesan di Tanah Air. 

Baca juga: Asus ROG Ally Versi Mahal Duluan Masuk Indonesia, Versi Murahnya Kapan?

"Rencananya di Q4 (kuartal IV-2023)," ujar Firman tentang kemungkinan jadwal rilis ROG Ally Z1 di Indonesia. Dengan demikian, perangkat ini agaknya baru akan tersedia paling cepat pada Oktober mendatang, kalau bukan November atau Desember.

Beda harga, beda performa

Tampilan dan spesifikasi ROG Ally Z1 sebenarnya mirip dengan ROG Ally Z1 Extreme, termasuk dari segi layar LCD berdiagonal 7 inci (1080p) dengan refresh rate 120 Hz, hingga kapasitas RAM DDR5 16 GB serta media internal SSD NVMe PCIe 4.0 512 GB.

Bedanya terletak di prosesor yang digunakan, sesuai nama masing-masing perangkat. Asus ROG Ally Z1 Extreme menggunakan prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme yang dibekali 8 core (16 thread) CPU Zen4 dan 12 core GPU RDNA3.

Asus ROG Ally Z1 memakai AMD Ryzen Z1 standar (non-extreme) dengan 6 core CPU (12 thread) Zen4 dan 4 core GPU RDNA3. Perbedaannya pun bisa dibilang cukup jauh dari Ryzen Z1 Extreme, terutama dalam hal kemampuan olah grafis.

Hal ini tercermin dari perbandingan daya komputasi kedua konsol handheld. ROG Ally Z1 Extreme mampu menghasilkan 8,6 teraflops sehingga diklaim mendekati konsol PS5 di kisaran 10 teraflops, sedangkan ROG Ally Z1 hanya 2,8 teraflops.

Baca juga: Asus Klaim Performa Konsol Genggam ROG Ally Dekati PS5

Kinerja Asus ROG Ally Z1 Extreme dan ROG Ally Z1 saat menjalankan game pun berbeda.

Dalam pengujian oleh Digital Trends, misalnya, ditemukan bahwa performa Asus ROG Ally Z1 Extreme melewati Steam Deck. Beda halnya dengan ROG Ally Z1 yang tertinggal dari konsol handheld besutan Valve itu.

Perbandingan spesifikasi selengkapnya antara ROG Ally Z1 Extreme dan ROG Ally Z1 dapat dilihat di situs Asus di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com