Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hands-on Oppo A98 5G, HP Menengah Jagoan Oppo Saat Ini

Kompas.com - 25/09/2023, 14:21 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan Oppo A98 5G di Indonesia pada 14 September lalu. Smartphone ini menjadi suksesor dari Oppo A97 yang meluncur di China pada Juli 2022.

Sebagai suksesor, Oppo A98 5G membawa sejumlah peningkatan, termasuk pada aspek kamera. Resolusi kamera utama Oppo A98 5G yaitu 64 MP (f/1.7), lebih besar dibanding pendahulunya yang dibekali resolusi 48 MP.

Pada aspek desain, Oppo A98 5G juga mengusung desain yang berbeda dari pendahulunya. Perbedaannya terlihat di bagian depan perangkat maupun punggungnya. 

Oppo A97 memiliki poni layar, sedangkan Oppo A98 5G mengusung layar berlubang (punch hole). Modul kamera kedua perangkat juga berbeda, karena modul Oppo A97 lebih kecil dibanding Oppo A98 5G, meskipun sekilas desain modulnya agak mirip.

Di Indonesia, Oppo A98 5G menjadi ponsel terakhir yang diluncurkan perusahaan untuk kuartal III-2023.

Kendati begitu, perwakilan Oppo Indonesia menyebutkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan Oppo A-series yang lain untuk rilis di kuartal IV-2023.

Baca juga: Oppo A98 5G Bisa Dibeli mulai Hari Ini di Indonesia

Tim KompasTekno berkesempatan menggenggam dan mencoba Oppo A98 5G warna hitam. Bagaimana pengalaman kami mencoba ponsel ini? Berikut ulasannya.

Unboxing Oppo A98 5G

Seperti A-series sebelumnya, Oppo A98 5G juga dibalut dalam kotak dengan kelir kombinasi abu terang dan abu gelap. Adapun penamaan mode ponsel "Oppo A98 5G" pada boks itu dibalut dalam warna hitam, sehingga tampak kontras dengan kelir utama kemasan ponsel.

Kemasan itu mewadahi sejumlah komponen, meliputi unit Oppo A98 5G, panduan singkat, kartu garansi, adapter atau kepala charger, kabel USB-C, SIM ejector serta softcase ponsel.

Kepala charger yang disertakan dalam kemasan Oppo A98 5G itu mampu menawarkan output daya 67 watt. Menurut Oppo, adapter tersebut bisa mengisi ulang daya ponsel hingga 100 persen hanya dalam waktu 44 menit pengisian ulang.

Isi kotak penjualan Oppo A98 5G meliputi unit Oppo A98 5G, panduan singkat, kartu garansi, adapter atau kepala charger, kabel USB-C, SIM ejector serta softcase ponsel.Kompas.com/Lely Maulida Isi kotak penjualan Oppo A98 5G meliputi unit Oppo A98 5G, panduan singkat, kartu garansi, adapter atau kepala charger, kabel USB-C, SIM ejector serta softcase ponsel.

Sementara itu softcase ponsel bisa menjadi alternatif bagi pengguna yang ingin lebih melindungi perangkat dari risiko jatuh atau tergores.

Oppo A98 5G dilengkapi dengan softcase silikon dalam paket penjualannyaKompas.com/Lely Maulida Oppo A98 5G dilengkapi dengan softcase silikon dalam paket penjualannya

Oppo A98 5G sebenarnya mendukung penggunaan colokan audio 3,5 mm. Namun dalam kotak penjualannya, tidak tersedia aksesori earphone.

Jadi, pengguna perlu melakukan pembelian terpisah atau memakai earphone yang sudah ada sebelumnya, bila ingin mendengarkan konten video atau musik tanpa speaker.

Hands-on Oppo A98 5G

Unit Oppo A98 5G yang kami jajal dibalut dalam warna Hitam Elegan. Meski demikian, penampangnya seolah berkelir hitam kebiruan, utamanya ketika casing-nya terpapar cahaya.

Penampangnya sendiri didesain dengan lapisan teknologi Oppo Glow Design. Seperti klaim perusahaan, lapisan tersebut membuat penampang Oppo A98 5G tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari dan tidak mudah tergores.

Baca juga: Seharian Keliling TMII dengan Oppo A98 5G, Hasil Foto Apik dan Baterai Awet

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com