Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Kabel USB Murah dan Mahal

Kompas.com - 23/11/2023, 14:42 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Jika Anda mengetikkan kata kunci "kabel USB", "kabel USB C ke C" atau sejenisnya di kolom pencarian marketplace online, hasil pencarian akan menunjukkan berbagai macam produk dengan harga yang berbeda-beda.

Ada kabel USB dengan harga relatif murah dengan banderol puluhan ribu, belasan ribu, atau bahkan kurang. Ada juga yang jauh lebih mahal dengan harga mencapai ratusan ribu.

Baca juga: Kepanjangan USB, Pengertian, dan Fungsinya

Kira-kira apa yang membedakan kabel-kabel tersebut sehingga banderolnya bisa beragam? Ada beberapa hal yang bisa menjadi alasannya, seperti dijelaskan berikut ini.

Beda kecepatan transfer data

Kabel serupa belum tentu kecepatannya sama. Sebab, meskipun tipe konektornya identik, misalnya sama-sama USB C ke C, atau A ke C, standar kecepatan transfer data yang digunakan bisa berbeda.

Misalnya, banyak kabel USB C berharga relatif murah yang terbatas di standar USB 2.0 dengan kecepatan maksimal hanya 480 Mbps (megabit per detik) atau 60 MB per detik (megabyte per detik).

Kabel-kabel dengan standar USB lebih tinggi menawarkan kecepatan transfer data lebih kencang pula, dan banderolnya biasanya lebih mahal.

Kecepatan masing-masing kabel ditentukan oleh standar USB yang didukung. Kabel USB 3.0 memiliki kecepatan transfer data maksimal sebesar 5 Gbps (625 MB per detik) atau dengan kata lain sepuluh kali lebih kencang dari kabel USB 2.0,

Dari label di ujung konektornya, kabel USB C ini memiliki standar kecepatan USB 3.1 Gen 2, yakni 10 Gbps atau 1.250 MB per detik.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Dari label di ujung konektornya, kabel USB C ini memiliki standar kecepatan USB 3.1 Gen 2, yakni 10 Gbps atau 1.250 MB per detik.
Kabel USB 3.1 meningkatkan kecepatan lebih jauh menjadi 10 Gbps (1.250 MB per detik), lalu USB 3.2 lebih tinggi lagi di angka 20 Gbps (2.500 MB per detik).

Penamaan standar kecepatan USB 3 ini mungkin membingungkan karena USB-IF selaku badan internasional penentu standar USB beberapa kali mengubah namanya.

Baca juga: Logo Baru USB-C Tampilkan Kecepatan Transfer Data dan Daya

USB 3.0 kini menjadi USB 3.2 Gen 1, USB 3.1 menjadi USB 3.2 Gen 2x1, lalu USB 3.2 menjadi USB 3.2 Gen 2x2. Belum lagi tak semua standar kecepatan itu berlaku untuk semua jenis konektor.

Ada yang bisa ditemukan di semua jenis, tapi ada juga yang cuma bisa didapatkan di USB C. Perbedaan antara tiga jenis standar USB 3 bisa dilihat dalam tabel yang dihimpun dari situs Kingston di bawah.

Penjelasan soal nama standar-standar USB 3 yang beberapa kali berubah, dan perbedaan kecepatannya.Kingston Penjelasan soal nama standar-standar USB 3 yang beberapa kali berubah, dan perbedaan kecepatannya.

Sebenarnya ada standar baru bernama USB 4 yang menawarkan kecepatan tertinggi di angka 40 Gbps (5.000 MB per detik). Namun, ketersediaan kabel maupun perangkat yang mendukungnya masih belum terlalu banyak, di samping harganya masih mahal.

Ada juga Thunderbolt yang sama-sama bertipe konektor USB C, tapi sebenarnya menggunakan interface berbeda. Kabel Thunderbolt kompatibel dengan perangkat USB C, tapi perangkat Thunderbolt hanya bisa digunakan dengan kabel Thunderbolt.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Colokan Thunderbolt dan USB-C

Untuk mempermudah pencarian kabel yang dibutuhkan, Anda bisa
mengetikkan angka kecepatan yang didukungnya saja di kolom kata kunci, misalnya "kabel USB C 10 gbps". Hasilnya pun akan lebih relevan.

Kecepatan transfer data kabel USB menjadi penting apabila Anda akan menggunakannya dengan perangkat berkecepatan tinggi, misalnya SSD eksternal. Sebab, kecepatan kabel (dan port USB di komputer) harus bisa mengimbangi speed SSD agar bisa bekerja maksimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com