Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Hemat Baterai iPhone biar Tidak Sering Mengecas

Kompas.com - 30/11/2023, 16:44 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian pengguna iPhone bisa jadi sering merasakan penggunaan baterai yang cepat habis. Sehingga dalam aktivitas sehari-hari tak jarang pengguna melakukan pengisian daya beberapa kali, terlebih lagi jika pengguna cukup intens menggunakan ponsel.

Hal ini tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan, terlebih lagi jika Anda merasa cukup repot dengan pengisian daya berulang. Baterai iPhone yang cepat habis ini pun tak hanya dipengaruhi oleh aktivitas masif pengguna.

Namun juga dipengaruhi oleh faktor usia baterai yang tua, dan pengaturan ponsel yang kurang tepat. Maka dari itu bagi Anda yang ingin mencoba menghemat penggunaan baterai iPhone saat beraktivitas sehari-hari, selengkapnya berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

Baca juga: 3 Cara Melacak iPhone Hilang atau Dicuri dengan HP Android, Mudah

Cek aplikasi yang boros baterai

Ilustrasi cara cek aplikasi yang boros bateraiKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara cek aplikasi yang boros baterai

Salah satu faktor baterai iPhone cepat habis adalah karena penggunaan salah satu aplikasi yang menuntut sumber daya baterai lebih tinggi. Aplikasi yang cukup menguras daya, seperti aplikasi game atau GPS.

Maka dari itu untuk menghemat baterai, cobalah untuk mengurangi penggunaan aplikasi tersebut. Selain itu Anda juga bisa mengecek aplikasi lain yang bisa jadi terindikasi paling banyak menguras baterai. Berikut ini caranya.

  • Buka “Setelan” di iPhone
  • Gulir ke bawah dan pilih fitur “Battery”
  • Selanjutnya gulir ke bawah lagi untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan daya baterai
  • Anda dapat melihat persentasenya selama 24 jam terakhir atau delapan hari terakhir. Melalui pengecekan ini Anda bisa mengatur penggunaan aplikasi harian

Mengurangi kecerahan layar

Salah satu upaya untuk tidak membuat baterai tetap awet bisa dilakukan dengan mengurangi kecerahan pada layar. Berikut ini caranya.

  • Untuk mengurangi kecerahan, Anda dapat menggesek ke bawah ke Pusat Kontrol dan menggunakan pengaturan kecerahan atau membuka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan dan mengatur tingkat kecerahan layarnya
  • Kunci otomatis menjadi 30 detik dan beralih ke dark mode
  • Mengaktifkan layar saat Anda tidak menggunakan ponsel juga akan menghabiskan daya. Di Pengaturan > Tampilan & Kecerahan , ketuk Kunci Otomatis dan turunkan ini menjadi 30 detik atau jumlah waktu terendah yang Anda inginkan

Untuk membantu mengurangi kecerahan layar, Anda juga bisa beralih ke mode gelap/dark mode sehingga akan menggunakan lebih sedikit energi.

Beralih ke mode pesawat

Sinyal seluler menjadi salah satu faktor utama membuat baterai cepat boros. Ketika iPhone Anda berada di tempat dengan sinyal seluler yang tidak bagus, iPhone harus bekerja lebih keras untuk tetap terhubung.

Jadi, jika Anda tahu bahwa akan berada di daerah dengan sinyal seluler yang lemah untuk sementara waktu, lebih baik Anda mengubah ponsel Anda ke mode pesawat sampai Anda benar-benar perlu online.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membuka “Pusat Kontrol”, selanjutnya cukup geser ke bawah dari sudut kanan atas layar, dan ketuk tombol mode pesawat.

Matikan penggunaan Bluetooth

Bluetooth yang aktif terus menerus bisa membuat baterai Anda cepat habis. Misalnya, jika Anda menggunakan smartwatch yang terhubung ke ponsel lewat Bluetooth dan baterai ponsel hampir habis, lebih baik putuskan koneksi Bluetooth-nya.

Jika Anda akan terus menggunakan ponsel tanpa mengisi daya untuk waktu yang lama, mungkin lebih baik menggunakan earphone berkabel daripada nirkabel.

Batasi penggunaan latar belakang aplikasi

Aplikasi biasanya masih ingin tetap aktif di latar belakang bahkan saat Anda tidak menggunakannya dan hal ini yang biasanya membuat baterai cepat boros. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memeriksa dan mengontrol aplikasi mana yang diizinkan untuk berjalan di latar belakang. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan di ponsel Anda.
  • Pilih "General" dan kemudian "Background App Refresh”
  • Kemudian pilih “Off” untuk matikan latar belakang aplikasi

Baca juga: Cara Ubah Default Browser Safari ke Google Chrome di iPhone dengan Mudah

Mengaktifkan mode daya rendah

Ilustrasi cara menonaktifkan latar belakang aplikasiKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara menonaktifkan latar belakang aplikasi

iPhone sendiri memiliki fitur penghemat baterai yaitu dengan mengaktifkan mode daya rendah. Biasanya Anda akan secara otomatis diminta untuk mengaktifkan ini ketika tingkat baterai mencapai 20 persen dan 10 persen, namun Anda sebenarnya dapat mengaktifkannya kapan pun Anda mau.

Hal ini akan membuat perbedaan besar dalam seberapa cepat baterai iPhone terkuras. Untuk mengatur mode hemat baterai, Anda bisa menuju Settings > Battery > Geser toggle low power mode.

Menonaktifkan fitur Siri

Anda bisa menambah waktu pakai baterai dengan mematikan fitur mendengarkan aktif Siri. Jika iPhone Anda selalu mendengarkan ketika Anda mengucapkan "Hai Siri," hal ini akan menguras baterai lebih cepat. Untuk mematikannya, buka Pengaturan, pilih Siri & Pencarian, dan nonaktifkan opsi Dengarkan "Hey Siri".

Baca juga: 4 Gadget Apple yang Tak Lagi Diproduksi pada 2023, Ada iPhone 13 Mini

Demikian beberapa tips untuk menghemat baterai agar tidak sering mengisi daya. Selamat mencoba.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com