Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Luncurkan Core Ultra, Prosesor Laptop dengan Pengolah AI

Kompas.com - 15/12/2023, 08:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Intel pekan ini meluncurkan jajaran prosesor Core Ultra berbasis arsitektur Meteor Lake yang baru. Core Ultra merupakan lini prosesor untuk laptop yang dibekali dengan hardware pengolah AI terintegrasi (NPU).

Berbeda dari prosesor-prosesor Intel sebelunya, Core Ultra tidak mengguakan packaging monolithic yang menyatukan semua komponen di sekeping wafer silikon, melainkan teknologi packaging Foveros dengan beberapa tile yang digabungkan. Konsepnya mirip chiplet AMD.

Selain tile CPU yang diproduksi dengan proses fabrikasi Intel 4 oleh Intel sendiri, terdapat tile GPU, SoC, dan I/O Functions yang dibuat oleh pabrikan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Baca juga: Intel Rilis Arc A580, Kartu Grafis Terjangkau untuk Gamer

Lini prosesor Core Ultra sendiri terdiri dari 11 model yang dibagi menjadi seri H untuk laptop konvensional dan seri U untuk laptop ultrathin. Sebanyak delapan di antaranya sudah tersedia, sementara tiga lagi akan menyusul dirilis awal tahun depan.

Ilustrasi teknologi packaging Foveros Intel di mana terdapat wafer silikon atau tile berbeda untuk masing-masing komponen yang kemudian digabungkan. Intel Ilustrasi teknologi packaging Foveros Intel di mana terdapat wafer silikon atau tile berbeda untuk masing-masing komponen yang kemudian digabungkan.

Seri H dimulai dari Core Ultra5 125H dengan 14 core CPU (4P + 8E + 2 LPE) berkecepatan hingga 4,5 GHz dan GPU Intel Arc 2,2 GHz. Model teratasnya adalah Core Ultra7 165H dengan 16 core CPU (6P + 8E + 2 LPE)  hingga 5 GHz dan GPU Intel Arc 2,3 GHz.

Sementara itu, seri U dimulai dari Intel Core Ultra5 125U berisi 12 core CPU (2P + 8E + 2 LPE) berkecepatan hingga 4,3 GHz dan GPU Intel Graphics. Model tereatas Intel Core Ultra7 165U juga memiliki 12 core CPU (2P + 8E + 2 LPE) hingga 4,9 GHz dan GPU Intel Graphics.

Di atas Core Ultra7 165H sebenarnya ada model yang lebih tinggi, yakni Core Ultra9 185H. Namun, prosesor ini baru akan dirilis pada kuartal pertama 2024 bersama dengan Intel Core Ultra7 164U dan Core Ultra5 134U. Tanggal pastinya tidak dirinci.

Model-model prosesor dari seri H dan seri U Intel Core Ultra. Tiga model di bagian bawah daftar baru akan dirilis pada kuartal pertama 2024Intel Model-model prosesor dari seri H dan seri U Intel Core Ultra. Tiga model di bagian bawah daftar baru akan dirilis pada kuartal pertama 2024

Seperti prosesor-prosesor baru lainnya yang diperkenalkan belakangan ini, semua model di seri H dan U Core Ultra dibekali pengolah kecerdasan buatan (NPU) bernama Intel AI Boost untuk akselerasi workload terkait AI.

Sebagaina dihmpun KompasTekno dari ArsTechnica, Jumat (15/12/2023), Intel turut membenamkan dukungan hardware terkini seperti Wi-Fi 7, Bluetooth 5.4, Thunderbolt 5, HDMI 2.1 dan Display Port 2.1, serta RAM LPDDR5X.

Baca juga: Intel Resmikan Prosesor Core-i9-14900K, Kecepatan Sentuh 6 GHz

Core Ultra sekaligus menjadi lini prosesor pertama dari Intel yang tidak lagi menggunakan huruf "i" di dalam namanya serta menghilangkan sebutan generasi.

Kendati demikian, tingkat generasi agaknya masih bisa diketahui dari nomor model, seperti jajaran prosesor Core Ultra kali ini yang semua nomor modelnya diawali angka "1".

Intel Core Ultra seri H dan U sudah tersedia mulai 14 Desember 2023 lewat 35 rekanan OEM yang menawarkan model laptop masing-masing, termasuk Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan MSI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com