Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Pertama Xiaomi Resmi Diungkap 28 Desember

Kompas.com - 26/12/2023, 07:30 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Setelah didului dengan beragam rumor, Xiaomi akhirnya memastikan bahwa mereka akan benar-benar masuk ke pasar mobil listrik (electric vehicle/EV).

Pasalnya, Xiaomi akan mengumbar aneka teknologi yang akan hadir di mobil listrik pertama mereka pekan ini, tepatnya pada Kamis (28/12/2023) pukul 14.00 waktu setempat (sekitar pukul 13.00 WIB).

Hal ini diumumkan CEO Xiaomi, Lei Jun dalam sebuah postingan di media sosial X (dahulu Twitter) yang diunggah pekan ini.

Dalam unggahan tersebut, Lei Jun mengatakan bahwa acara ini akan bertema "Stride", alias "melangkah" apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Boleh jadi, tema ini diusung karena Xiaomi ingin merambah ke teknologi lainnya di luar beragam teknologi yang sebelumnya mereka sudah buat selama ini (teknologi smartphone, perabot rumah pintar alias smart home, dll).

Lei Jun juga mengingatkan kepada para penggemar bahwa acara Stride ini bukan merupakan peluncuran produk mobil listrik pertama Xiaomi, melainkan hanya teknologi yang akan diusung produk tersebut saja.

Artinya, pengguna tak akan mendapatkan informasi mengenai harga atau kapan mobil listrik pertama Xiaomi itu dijual.

Adapun model acara seperti ini, yaitu peluncuran teknologi terlebih dahulu sebelum peluncuran produk, kabarnya lumrah dilakukan oleh beragam perusahaan pembuat mobil listrik.

Setelah pengumuman teknologi EV, barulah para produsen mobil listrik mengumumkan hal-hal mengenai pemesanan, hingga peluncuran atau penjualan perdana dan ketersediaan mobil listrik terbaru yang dibuat.

Dalam acara Stride nanti, Xiaomi diprediksi akan mengumbar beberapa hal mengenai desain dan teknologi mesin mobil listrik, fitur-fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang ada di dalam mobil listrik, hingga teknologi pendukung lainnya.

Baca juga: Setelah Sepeda Motor, Polytron Akan Bikin Mobil Listrik

Bocoran mobil listrik Xiaomi

Mobil listrik Xiaomi SU7Dok. Carnewschina.com Mobil listrik Xiaomi SU7

Apabila mengacu pada rumor yang sudah menyeruak, Xiaomi disebut akan meluncurkan produk EV mereka pada 2024 mendatang. Konon, mobil listrik pertama Xiaomi akan memiliki nama Xiaomi SU7 Series yang terdiri dari beberapa tipe, mulai dari SU7, SU7 Max, dan SU7 Pro.

Desain mobil listrik pertama Xiaomi juga sudah tercantum dalam dokumen pengajuan pengedaran kendaraan listrik yang dikirimkan Xiaomi ke Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (KPTI) China sekitar bulan lalu.

Dalam dokumen ini, ada sejumlah gambar yang menampilkan dua mobil listrik pertama bikinan Xiaomi yang akan dirakit oleh perusahaan mobil BAIC Group. Kabarnya, kedua mobil tersebut memiliki nama Xiaomi SU7 dan SU7 Max.

Secara desain, Xiaomi SU7 dan SU7 Max memiliki tampilan yang serupa. Desain kedua mobil ini mirip seperti mobil listrik Tesla, Model 3 atau Model Y.

Baca juga: Mobil Listrik Xiaomi Tertangkap Kamera Saat Uji Coba di Jalan

Ilustrasi perbandingan mobil listrik Xiaomi SU7 dan SU7 Max.Weibo Ilustrasi perbandingan mobil listrik Xiaomi SU7 dan SU7 Max.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com