Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melihat Gojek Wrapped yang Lagi Ramai di Medsos, Bisa Cek Total Transaksi Setahun

Kompas.com - 04/01/2024, 14:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, media sosial seperti X (dulu Twitter) diramaikan dengan unggahan pengguna mengenai Gojek Wrapped. Salah satu contoh unggahan itu bisa dilihat lewat twit dari akun dengan handle @lgabyt.

Dalam twit yang diunggah pada Senin (1/1/2024), akun tersebut menuliskan “Gojek Wrapped” sembari mengunggah tangkapan layar total transaksi di aplikasi Gojek selama setahun, dari 1 Januari 2023 hingga 1 Januari 2024.

Baca juga: Cara Cek Warna Aura Kepribadian yang Lagi Ramai di Medsos

Selain akun tersebut, masih banyak dijumpai akun lain yang juga mengunggah konten serupa, yakni tulisan “Gojek Wrapped” dan tangkapan layar total riwayat transaksi selama setahun di aplikasi Gojek.

Adapun tampilan Gojek Wrapped yang tengah ramai dibagikan di medsos adalah sebagai berikut.

Tampilan Gojek Wrapped yang lagi ramai dibagikan di medsos.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan Gojek Wrapped yang lagi ramai dibagikan di medsos.

Melihat keramaian ini, lantas sebenarnya apa itu Gojek Wrapped? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap soal Gojek Wrapped di bawah ini.

Apa itu Gojek Wrapped?

Perlu diketahui, Gojek Wrapped adalah sebuah tren untuk menunjukkan total riwayat transaksi selama setahun di aplikasi pesan-antar Gojek. Tren ini mirip dengan layanan rangkuman aktivitas selama setahun di platform lain seperti Spotify Wrapped.

Akan tetapi, jika Spotify Wrapped hadir sebagai fitur khusus, Gojek Wrapped tidak berlaku demikian. Gojek Wrapped sejatinya bukan program atau fitur khusus yang dikeluarkan Gojek untuk merangkum transaksi pengguna selama setahun.

Gojek Wrapped bisa dibilang hanya sekadar julukan dari warganet untuk menyebut rangkuman aktivitas di aplikasi Gojek, yang dalam hal ini merupakan aktivitas transaksi selama setahun. Tren Gojek Wrapped pada dasarnya memanfaatkan fitur bawaan.

Baca juga: Cara Membuat Spotify Wrapped 2023 untuk Cek Musik Favorit Sepanjang Tahun

Di aplikasi Gojek, terdapat fitur bawaan yang memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat transaksi pada beberapa layanan Gojek seperti Gofood atau Goride, dalam kurun waktu tertentu, yang bisa diatur agar menampilkan total riwayat transaksi selama setahun.

Dari fitur bawaan itu, pengguna bisa melihat total nominal yang telah dikeluarkan selama setahun untuk mengakses layanan Gojek. Lantas, bagaimana cara melihat Gojek Wrapped untuk cek total transaksi selama setahun di aplikasi Gojek?

Jika tertarik untuk mengikuti tren ini, silakan simak penjelasan berikut mengenai cara melihat Gojek Wrapped yang lagi ramai di medsos.

Cara melihat Gojek Wrapped

  • Buka aplikasi Gojek dan pastikan telah login akun.
  • Selanjutnya, klik ikon foto profil untuk membuka
  • menu “Profil Saya”.
  • Setelah itu, pilih menu “Pesanan”.
  • Kemudian, klik ikon download untuk mengunduh laporan transaksi dalam kurun waktu tertentu.
  • Setelah itu, atur rentang waktu riwayat transaksi setahun.
  • Kemudian, klik opsi “Download” dan file riwayat transaksi setahun di aplikasi Gojek akan terunduh.
  • Buka file tersebut dan pengguna bakal bisa melihat Gojek Wrapped atau riwayat transaksi setahun di aplikasi Gojek.
  • File tersebut bakal berisi beberapa data transaksi selama setahun, seperti total nominal yang telah dikeluarkan, tanggal pemesanan layanan, jenis layanan, alamat asal-tujuan, dan lainnya.

Ilustrasi cara melihat Gojek Wrapped buat cek riwayat transaksi setahun di aplikasi Gojek.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat Gojek Wrapped buat cek riwayat transaksi setahun di aplikasi Gojek.

Cukup mudah bukan cara melihat Gojek Wrapped? Penting diingat, jika hendak dibagikan di medsos untuk mengikuti tren, sebaiknya hanya membagikan data riwayat transaksi yang relatif tidak membahayakan seperti total nominal yang telah dikeluarkan selama setahun.

Dari seluruh tampilan file, pengguna bisa mengambil tangkapan layar dan memotongnya hanya pada bagian total nominal transaksi selama setahun di aplikasi Gojek. Selanjutnya, pengguna bisa mengunggahnya di medsos untuk mengikuti tren Gojek Wrapped.

Baca juga: Cara Membuat Poster Disney Pixar via Bing Image Creator yang Viral di Medsos

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara melihat Gojek Wrapped buat cek total transaksi selama setahun, yang lagi ramai di medsos, selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com