Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Gaming Legion Y700 Masuk Indonesia atau Tidak, Lenovo?

Kompas.com - Diperbarui 19/03/2024, 05:29 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lenovo belum lama ini meluncurkan tablet gaming Legion Y700 versi baru yang ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 di pasar global.

Tablet ini sendiri merupakan tablet "ringkas" berukuran 8,8 inci yang menjadi suksesor dari Legion Y700 generasi pertama yang meluncur 2022 lalu. Tablet ini kala itu memakai chipset Snapdragon 870. 

Tablet gaming terbaru Lenovo ini sudah tersedia di pasar China dan global, lantas apakah perangkat ini akan masuk ke pasar Indonesia? 

Menurut Commercial Marketing Lead Lenovo Indonesia, Diantika, pihaknya saat ini belum berani memasukkan berbagai perangkat tablet Lenovo, termasuk Legion Y700, ke Indonesia. Sebab, perangkat ini dinilai belum cocok untuk bisnis Lenovo di Indonesia.

"Dahulu sekali, Lenovo punya tablet, tapi sekarang kami tidak memasarkan tablet di Indonesia, lantaran kompetisi tablet di pasar ini, untuk saat ini, sangat 'keras'," kata Diantika kepada KompasTekno, Jumat (15/3/2024).

Baca juga: Lenovo Rilis Tablet Gaming Legion Y700 Versi Baru, Punya Konektor USB-C Ganda

Meski demikian, Diantika menyebut tidak menutup kemungkinan Lenovo Indonesia akan kembali memasarkan tablet, apabila perangkat tersebut nantinya dianggap bagus untuk bisnis Lenovo di Tanah Air.

"Kalau perangkat tablet profitable bagi kami, mungkin kami bawa ke Indonesia. Tapi untuk saat ini, kami pastikan perangkat seperti itu tidak akan kami luncurkan di Tanah Air," imbuh Diantika.

Secara fitur, Legion Y700 (2023) dibekali dengan dua konektor USB-C yang bisa dipakai untuk mendukung pengalaman bermain game. Spesifikasi dan fitur lengkap tablet gaming tersebut bisa dibaca di tautan berikut ini.

ThinkBook Plus Gen 5 masuk Indonesia?

Tampilan layar dari Lenovo ThinkBook Plus Gen 5 HybridThe Verge Tampilan layar dari Lenovo ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid

Dalam kesempatan yang sama, Diantika juga menyebut bahwa ada beberapa produk Lenovo yang dipamerkan di ajang di Consumer Electronics Show (CES) 2024 yang akan dibawa ke pasar Indonesia.

Salah satunya adalah laptop konvertibel 2-in-1 terbaru dari seri ThinBook, yaitu ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid.

Baca juga: Komputer Workstation Lenovo ThinkStation P8 Masuk Indonesia Bulan Depan

Laptop ini bisa disulap menjadi tablet dengan sistem operasi (OS) Android apabila layarnya dilepas dari papan ketik (keyboard), dan kembali menjadi laptop dengan OS Windows apabila keyboard kembali dipasang dengan layarnya.

"Laptop itu (ThinkBook Plus Gen 5) akan masuk ke Indonesia sekitar tahun ini, namun saya belum bisa pastikan kapan," ujar Diantika.

Diantika melanjutkan bahwa pihaknya, secara internal, mengaku tertarik dengan teknologi yang dihadirkan laptop terbaru ThinkBook tersebut. Hal ini yang menjadi pemicu mengapa ThinkBook Plus Gen 5 akan masuk ke pasar Indonesia di tahun ini.

"Produk itu (ThinkBook Plus Gen 5) adalah satu dari aneka produk yang ada di CES 2024 yang akan kami bawa ke sini. Tapi, tidak semua produk yang ada di CES 2024 akan kami bawa ke Tanah Air, hanya akan ada beberapa saja," jelas Diantika.

ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid merupakan laptop yang bisa berubah menjadi tablet dengan layar OLED 14 inci yang memiliki ersolusi 2,8K.

Untuk mendukung OS Windows, laptop ini ditenagai dengan prosesor Intel Core Ultra 7, sedangkan untuk OS Android ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1. Spesifikasi lengkap ThinkBook Plus Gen 5 Hybrid bisa dibaca di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com