Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kerja Topologi Star dalam Jaringan Komputer dan Karakteristiknya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 26/03/2024, 01:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa pengetahuan dasar tentang topologi star yang perlu diketahui pengguna, terutama ketika tengah belajar soal jaringan komputer. Salah satu pengetahuan dasar itu seperti cara kerja topologi star.

Sebagai informasi, jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan beberapa komputer agar bisa saling berkomunikasi, transfer data, dan berbagi sumber daya. Jaringan komputer ditopang dengan topologi.

Baca juga: 6 Jenis Topologi Jaringan Komputer serta Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Topologi merupakan konfigurasi atau metode menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan. Dalam jaringan komputer, terdapat beberapa jenis topologi yang umum dipakai, salah satunya seperti yang dibicarakan di artikel ini, yaitu topologi star.

Tiap jenis topologi memiliki cara kerja tersendiri, begitu pun dengan topologi star. Cara kerja topologi star perlu diketahui pengguna supaya dapat lebih memahami seluk beluk jaringan komputer dan membedakannya dengan jenis topologi lain.

Untuk itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap soal cara kerja topologi star. Lantas, bagaimana cara kerja topologi star? Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara kerja topologi star dalam jaringan komputer.

Pengertian topologi star

Sebelum mengetahui cara kerjanya, ada baiknya pengguna memahami dulu pengertian topologi star. Sebab, pengertian topologi star mengandung istilah yang penting diketahui untuk memahami cara kerjanya nanti. Lantas, apa yang dimaksud dengan topologi star?

Topologi star adalah konfigurasi jaringan di mana setiap komputer atau node terhubung ke sebuah perangkat pusat atau biasa disebut Hub/Switch. Seperti namanya, topologi star memiliki konfigurasi jaringan dengan struktur seperti bintang.

Topologi star merupakan salah satu konfigurasi jaringan komputer yang paling umum digunakan. Dalam konfigurasi jaringan ini, semua perangkat yang terhubung ke perangkat Hub terangkai seperti struktur bintang.

Topologi star berbeda dengan topologi mesh. Dalam topologi star, sebuah node atau komputer tidak dapat langsung berkomunikasi dengan node lainnya, tetapi harus melalui bantuan dari perangkat Hub.

Kemudian, perangkat komputer periferal dalam topologi ini akan berfungsi sebagai klien, sedangkan perangkat jaringan pusat seperti Hub akan berfungsi sebagai server. Topologi star menggunakan kabel RJ-45 atau koaksial untuk menghubungkan beberapa node.

Dalam topologi star, semua perangkat yang terhubung sepenuhnya bergantung pada perangkat pusat atau Hub. Proses komunikasi dari seluruh node di jaringan komputer akan gagal jika perangkat pusat mengalami masalah.

Instalasi topologi star pada jaringan komputer itu relatif mudah. Topologi ini sudah banyak dipakai untuk membuat jaringan pada berbagai institusi, seperti rumah sakit, bank, lembaga pendidikan, dan bandara.

Itulah penjelasan mengenai apa itu topologi star yang perlu dipahami dulu. Selanjutnya, untuk cara kerja topologi star, penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaannya

Cara kerja topologi star

Cara kerja topologi star secara umum adalah setiap node berkomunikasi melalui perantara perangkat pusat Hub. Dalam topologi star, sebuah komputer tidak dapat berkomunikasi langsung dengan komputer lainnya.

Namun, secara lebih spesifik, terdapat beberapa cara kerja topologi star yang dibedakan berdasar jenis Hub yang digunakan. Terdapat beberapa jenis Hub yang biasa digunakan dalam topologi star, seperti Hub Pasif, Hub Aktif, dan Switch.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com