Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spotify Rilis Fitur Miniplayer, Tampilan Kecil dan Anti-repot Pilih Lagu

Kompas.com - 26/03/2024, 13:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Layanan streaming musik Spotify merilis fitur baru bernama Miniplayer untuk pelanggan Spotify Premium. Fitur Miniplayer ini bisa ditemukan di aplikasi Spotify Mac dan Windows.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna memuculkan sebuah pemutar kecil untuk mengganti lagu, memilih daftar putar (playlist), dan mengatur volume. Biasanya untuk melakukan aktivitas tersebut, pengguna harus membuka aplikasi secara full. Dengan demikian, pengguna tak perlu repot membuka jendela Spotify.

Menu Miniplayer akan muncul dalam bentuk floating windows. Miniplayer ini diposisikan di atas aplikasi lainnya, sehingga pengguna tetap bisa fokus saat bekerja karena tidak perlu membuka tab utama Spotify.

Miniplayer ini memiliki tiga bentuk, yakni persegi, persegi panjang, dan bar yang ramping.

Dalam Miniplayer ini, ada berbagai tombol untuk mengatur musik, seperti "Play", "Skip", atau "Rewind". Pengguna bisa mengubah ukuran Miniplayer ini sesuka hati.

Baca juga: Video Musik Spotify Hadir di Indonesia

Tampilan Spotify MiniplayerGSMArena Tampilan Spotify Miniplayer
Selain mengatur musik, Miniplayer dapat dimanfaatkan pula untuk memutar konten siniar (podcast) video. Fitur ini akan menghadirkan podcast video dalam mode Picture-in-Picture, yang memungkinkan pengguna menonton video dalam jendela kecil di layar.

Perlu dicatat, Miniplayer tidak menggantikan jendela Spotify yang utama. Pengguna bisa dengan mudah beralih dari Miniplayer ke jendela utama tanpa mengganggu pemutaran musik atau podcast.

Pantauan KompasTekno, fitur ini belum tersedia di Indonesia. Kemungkinan akan dirilis secara bertahap oleh Spotify.

Belum tersedia untuk pengguna gratis

Saat ini, Spotify Miniplayer hanya bisa digunakan untuk pelanggan layanan Spotify Premium, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (26/3/2024).

Spotify Premium membawa berbagai fitur eksklusif seperti mendengarkan musik bebas iklan, mengunduh musik untuk pemutaran secara offline, mendapatkan kualitas audio yang tinggi, mengelola antrean lagu, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, layanan ini dibanderol dengan harga Rp 54.990 per bulan.

Baca juga: Bos Spotify Ini Didepak Setelah Jual Sahamnya Rp 145 Miliar

Cara mengakses Spotify MiniplayerGSMArena Cara mengakses Spotify Miniplayer
Pengguna Spotify Premium nantinya bisa mengakses widget Miniplayer dengan mengeklik ikon di sebelah kanan bawah aplikasi desktop, tepatnya di sebelah kanan tombol volume dan di sebelah kiri tombol full-screen.

Nantinya sebuah jendela kecil akan muncul lengkap beserta alat kontrol musik. Jika mengeklik nama musisi, nama lagu, atau cover album di Miniplayer, pengguna akan diarahkan ke aplikasi utama Spotify.

Rombak tampilan

Platform musik alir, Spotify melakukan perombakan pada halaman Home-nya menjadi mirip aplikasi Instagram dan TikTokSpotify Newsroom Platform musik alir, Spotify melakukan perombakan pada halaman Home-nya menjadi mirip aplikasi Instagram dan TikTok
Spotify belum lama ini juga melakukan sejumlah perombakan di dalam aplikasinya. Salah satunya adalah mengubah tampilan halaman utamanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com