Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Foto dan Video WhatsApp Bisa Otomatis Dibikin HD

Kompas.com - 28/03/2024, 10:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) memudahkan mekanisme pengiriman foto atau video resolusi tinggi alias kualitas High Definition (HD).

Lewat fitur baru yang dirilis WhatsApp, pengguna tidak perlu lagi mengatur kualitas media yang dikirim, setiap kali akan mengirim foto/video.

Saat ini, WhatsApp telah menghadirkan opsi yang memungkinkan pengguna mengatur pengiriman file media dalam aplikasi. Opsi ini tersedia dalam menu Pengaturan (Settings) aplikasi, khususnya menu kualitas media yang diunggah.

Dalam menu itu, tersedia dua opsi yang bisa dipilih. Pertama, kualitas standar dan kedua kualitas HD.

Baca juga: Apa Itu WhatsApp Aero? Amankah Digunakan?

Nantinya, ketika pengguna memilih salah satu opsi di atas, maka opsi tersebut akan berlaku seterusnya.

Praktik ini berbeda dengan mekanisme sebelumnya, di mana pengaturan kualitas foto/video hanya berlaku saat itu saja dan harus diatur setiap kali ingin mengirim foto/video.

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu repot lagi mengatur kualitas file media secara manual setiap pengiriman.

Fitur baru WhatsApp yang mengatur kualitas foto atau video saat dikirim penggunaWABetaInfo Fitur baru WhatsApp yang mengatur kualitas foto atau video saat dikirim pengguna

Contohnya, bila pengguna mengatur pengiriman media ke opsi kualitas HD, maka setiap pengguna mengirim foto atau video di WhatsApp, kualitasnya akan selalu HD.

WhatsApp juga mencantumkan keterangan bahwa dengan memilih opsi kualitas standar, maka pengiriman foto atau video akan lebih cepat dan ukurannya juga lebih kecil. Pasalnya kualitas foto/video yang dikirimkan lewat WA dikompres.

Bila pengguna memilih kualitas HD, maka pengirimannya akan lebih lama dibanding kualitas standar. Ukurannya juga enam kali lebih besar dibanding versi standar.

Sama seperti kualitas standar, media yang dikirim kualitas HD juga dikompresi oleh WhatsApp. Hanya saja, kompresinya tidak serendah kualitas standar, sehingga kualitasnya masih lebih tinggi.

Baca juga: Cara Kirim Video Kualitas HD di WhatsApp tanpa Fitur Dokumen

Begitu pula sebaliknya, bila pengguna memilih opsi kualitas standar (SD), maka foto/video yang dikirim lewat WhatsApp akan diatur dengan kualitas standar seterusnya.

Dikutip KompasTekno dari WABetaInfo, Kamis (28/3/2024), situs yang kerap membagikan fitur baru WhatsApp, dukungan ini baru hadir untuk pengguna WA beta Android versi 2.24.7.17.

Pembaruan WhatsApp pada versi tersebut digulirkan perusahaan ke sejumlah pengguna beta lewat Play Store. Fitur baru WhatsApp ini bakal dirilis ke lebih banyak pengguna dalam beberapa hari lagi.

Bakal punya fitur AI

Di tengah era kecerdasan buatan (AI) generatif macam ChatGPT, WhatsApp juga kabarnya sedang mengembangkan fitur berbasis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com