Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Sony PlayStation 5 Turun, Tapi Lebih Laris dari Xbox S/X

Kompas.com - 19/05/2024, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber IGN

KOMPAS.com - Penjualan konsol terbaru Sony, PlayStation 5 (PS5), pada kuartal pertama 2024 (Q1 2024) dilaporkan menurun dibanding periode yang sama tahun lalu.

Pihak Sony mengumumkan bahwa perusahaannya telah mengirimkan 4,5 juta unit PS5 pada kuartal I-2024 (Januari-Maret). Jumlah ini turun dari kuartal I-2023, ketika Sony mengirimkan 6,3 juta unit konsol.

Meski jumlahnya menurun, Sony melampaui pengiriman konsol kompetitor, Microsoft Xbox.

Microsoft sendiri tidak merinci jumlah konsol Xbox yang dikirimkan pada kuartal Januari-Maret 2024. Perusahaan besutan Bill Gates ini hanya menyatakan bahwa pendapatan Xbox turun 31 persen selama kuartal awal tahun ini.

Daniel Ahmad, Direktur Riset dan Wawasan firma riset pasar pasar video game, Niko Partners memproyeksikan bahwa rasio pengiriman PS5 dan Xbox Series X serta S adalah 5:1 pada kuartal yang berakhir Maret 2024.

Baca juga: Sony PHK 900 Karyawan PlayStation Global

Karena Sony menjual 4,5 juta unit PS5, maka gabungan jumlah pengiriman konsol Xbox Series X dan S sekitar 900.000 unit.

Rasio tersebut terhitung semakin tinggi. Sebab, selama ini perbandingannya ditaksir sekitar 2:1. Nah dengan memakai rasio ini, jumlah pengiriman Xbox Series X dan S ditaksir paling banyak sekitar 29 juta unit.

Pasalnya, PS5 sejauh ini sudah terjual sekitar 59,3 juta unit, dihimpun KompasTekno dari IGN, Minggu (19/5/2024). Sementara Xbox One terjual sekitar 58 juta.

Microsoft sendiri memang tak lagi fokus pada bisnis konsol, meskipun berkomitmen merilis konsol yang lebih bertenaga serta konsol genggam alias handheld di waktu mendatang. Perusahaan asal AS ini bahkan telah mengakui kekalahannya di pasar konsol.

Menyusul hal tersebut, sejumlah game Xbox kini juga dijual di platform streaming game kompetitor Microsoft termasuk PS5.

Pangkas target penjualan PS5

Dalam laporan keuangan kuartal III-2023, Sony menyoroti penjualan PS5. Sony menyebut ada 8,2 juta unit PS5 yang terjual pada kuartal ketiga dari tahun fiskal yang berakhir pada 31 Desember 2024.

Baca juga: Sony Gelar January Deals, Diskon Game PS4 dan PS5 hingga 90 Persen

Angka ini lebih tinggi dibanding penjualan 6,3 juta unit PS5 pada kuartal yang sama tahun lalu. Akan tetapi, penjualan ini lebih rendah sekitar 1 juta dibanding proyeksi awal Sony.

Padahal, Sony saat itu juga merilis PS5 Slim, game Marvel's Spider-Man 2, dan game dari studio third-party lainnya.

Lantaran penjualan yang lesu, Sony merevisi perkiraan penjualannya dari 25 juta PS5 selama tahun keuangan ini yang berakhir 31 Maret 2025, menjadi 21 juta unit saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com