Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto WhatsApp Tidak Ada di Galeri, Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 19/05/2024, 13:07 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna yang menggunakan WhatsApp sehari-hari tentu tak hanya komunikasi berupa teks atau chat saja. Sebagian pengguna tentu memanfaatkannya sebagai akses mengirim media berupa foto atau video karena lebih praktis.

Kendati demikian tak jarang sebagian pengguna mengalami masalah. Salah satu gambar atau foto yang sudah diunduh secara otomatis maupun manual tidak tersimpan di galeri. Hal ini tentu saja merepotkan bagi sebagian pengguna.

Adapun terdapat beberapa penyebab mengapa foto WhatsApp tidak ada di galeri HP. Beberapa di antaranya, karena koneksi internet, pengaturan fitur WhatsApp, hingga kondisi memori penyimpanan.

Lantas bagaimana cara mengatasi foto WA tidak ada di galeri? Selengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba.

Baca juga: 2 Cara Membuat Tulisan Miring di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Cek koneksi internet yang Anda gunakan

Salah satu penyebab kenapa foto WA tidak ada di galeri, bisa jadi dikarenakan jaringan data internet Anda tidak lancar. Anda bisa mengubah jaringan internet ke mode WiFi maupun mengecek kecepatan internet data seluler Anda di https://www.speedtest.net/id

Aktifkan fitur auto save

Pengguna bisa jadi lupa tidak mengatur dan mengaktifkan fitur auto save di WhatsApp. Maka dari itu cek kembali pengaturan fitur auto save WhatsApp. Cara mengaktifkannya:

  • Buka menu “Settings” di WhatsApp
  • Klik “Penyimpanan dan Data”
  • Selanjutnya aktifkan pengunduhan foto

Atur tanggal dan waktu di HP dengan benar

Pengguna dapat mengatur tanggal dan waktu di HP mereka . Biasanya, pengaturan ini dapat ditemukan di dalam menu "Pengaturan" dengan judul "Tanggal & Waktu". Di dalam opsi ini, Anda dapat menyesuaikan tanggal dan waktu perangkat Anda agar sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini.

Mengosongkan memori penyimpanan HP

Cara mengatasi foto WhatsApp tidak ada di galeri bisa juga dengan mengosongkan memori penyimpanan HP yang telah penuh. Anda bisa menghapus file atau aplikasi yang sudah tidak dipakai.

Mengaktifkan fitur penyimpanan foto ke galeri

Untuk mengaktifkan fitur penyimpanan foto ke galeri pada WhatsApp, Anda dapat melakukannya melalui menu "Pengaturan" di dalam aplikasi. Di dalam menu tersebut, carilah opsi "Chat" dan aktifkan fitur penyimpanan ke galeri.

Setelah opsi ini diaktifkan, semua foto yang Anda unduh dari WhatsApp akan secara otomatis tersimpan ke galeri perangkat Anda.

Hapus cache aplikasi WhatsApp

Setiap aplikasi, termasuk WhatsApp, memiliki cache atau data sementara yang disimpan. Jika cache ini bertambah terlalu banyak, aplikasi WhatsApp dapat mengalami beberapa masalah, termasuk kesulitan dalam menyimpan foto.

Untuk menyegarkan sistem aplikasi WhatsApp, pengguna dapat menghapus cache. Caranya dengan membuka menu pengaturan aplikasi. Selanjutnya, pilih aplikasi WhatsApp dan klik opsi "Hapus Data" atau "Clear Data".

Itulah beberapa cara mengatasi foto WhatsApp tidak tersimpan di galeri ponsel. Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa mencoba cara lain dengan me-restart HP atau menginstal ulang aplikasi WhatsApp lewat toko aplikasi App Store atau Google Play Store. Semoga membantu.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WhatsApp Pending dengan Mudah, Jangan Panik

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com