Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rilis Fitbit Ace LTE, Smartwatch Khusus Anak

Kompas.com - 31/05/2024, 18:08 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan perangkat wearable device milik Google, Fitbit, meluncurkan arloji pintar (smartwatch) terbarunya, Fitbit Ace LTE. Smartwatch ini dirancang khusus untuk anak-anak berusia tujuh tahun ke atas.

Karena dikhususkan untuk anak-anak, deretan fitur yang dihadirkan di Fitbit Ace LTE pun juga disesuaikan untuk anak-anak.

Salah satunya adalah kehadiran game Fitbit Arcade yang dirancang untuk smartwatch itu, dengan memanfaatkan accelerometer, suara, haptic, dan komponen lainnya.

Game ini bermacam-macam, mulai dari permainan balapan di luar angkasa Pollo 13 Space Race hingga game memancing ikan Smokey Lake. Google menjanjikan akan menambahkan game baru sekali dalam beberapa bulan.

Baca juga: Smartwatch Huawei Watch Fit 3 Meluncur, Desain Mirip Apple Watch

Fitbit Ace LTE bisa digunakan untuk bermain game.GSMArena Fitbit Ace LTE bisa digunakan untuk bermain game.
Smartwatch ini juga membawa fitur bernama Eejie, yakni makhluk yang bisa dikustomisasi sesuka hati. Eejie tidak mengonsumsi makanan ala peliharaan Tamagotchi, tetapi mengonsumsi aktivitas sehari-hari yang dilakukan pengguna.

Makin banyak anak mencapai sasaran pergerakan hariannya, makin sehat dan bahagia Eejie yang dimiliki.

Dengan menyelesaikan aktivitas sehari-hari dan bermain game, anak-anak mendapatkan tiket Fitbit Arcade yang digunakan untuk merancang desain Eejie, membeli bajunya, dan menghiasi rumahnya.

Eejie di Fitbit Ace LTE.GSMArena Eejie di Fitbit Ace LTE.
Fitbit Ace LTE mampu mendeteksi berbagai macam aktivitas anak-anak, misalnya saat bermain petak umpet, melompat di tempat tidur, bahkan menari.

Setiap gerakan ini akan muncul di cincin aktivitas bernama Noodle yang ditempatkan di beranda (home screen) smartwatch.

Cincin ini memiliki bentuk tangan atau ular, yang akan memanjang seiring anak-anak melakukan aktivitas fisik. Begitu anak tersebut meraih sasaran pergerakan hariannya, Noodle akan melakukan selebrasi walaupun tidak dijelaskan seperti apa selebrasinya.

Perangkat ini menggunakan algoritma gerakan anak-anak yang dibuat oleh tim Google Research. Algoritma ini diklaim bisa lebih baik mengukur aktivitas fisik anak-anak sepanjang hari, sambil mendukung penggunanya untuk melakukan gerakan fisik apapun.

Bicara soal pengukuran data, Fitbit Ace LTE diklaim dibuat dengan mengutamakan keamanan. Lokasi anak-anak dan data aktivitas hanya ditunjukkan kepada orang tuanya. Data lokasi ini akan dihapus setelah 24 jam, sedangkan data aktivitas dihapus setelah 35 hari.

Hanya kontak yang ditambahkan orang tua saja yang bisa mengirim pesan ke arloji pintar itu. Tidak ada iklan dan aplikasi pihak ketiga yang dapat diakses pengguna.

Spesifikasi Fitbit Ace LTE lainnya mencakup dukungan aplikasi Fitbit Ace, yang memungkinkan orang tua untuk melihat lokasi anak secara real-time, mengirim atau menerima pesan teks dan suara, menambahkan kontak tepercaya, mengatur waktu sekolah untuk mengurangi distraksi saat sedang bersekolah.

Dalam beberapa bulan yang akan datang, smartwatch ini juga akan mendapatkan dukungan fitur Tap to Pay. Jadi, anak-anak bisa menggunakan uang jajannya untuk membeli jajanan yang diinginkan.

Baca juga: Fitbit Diam-diam Setop Penjualan Produknya di 29 Negara

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com