Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp dengan Suara Sendiri, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 02/06/2024, 12:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara mengganti nada dering WhatsApp pakai suara sendiri. Untuk diketahui, WhatsApp atau biasa disingkat WA memiliki pemberitahuan yang disertai nada dering.

Baca juga: 3 Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirimnya, Mudah dan Praktis

Pengguna bisa memasang nada dering agar mudah mengetahui jika terdapat pemberitahuan baru yang masuk di WhatsApp, entah itu telepon atau pesan. WhatsApp memiliki sejumlah nada dering bawaan yang bisa dipilih pengguna.

Akan tetapi, koleksi nada dering bawaan itu mungkin membosankan untuk sebagian pengguna. Jika bosan dengan koleksi nada dering bawaan, pengguna sejatinya bisa membuat nada dering sendiri untuk WhatsApp.

Salah satu nada dering WhatsApp yang menarik untuk dipasang adalah nada dering dengan suara sendiri. Jadi, pengguna bisa memakai suaranya untuk dijadikan nada dering. Lantas, bagaimana cara mengganti nada dering WhatsApp dengan suara sendiri?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mengganti nada dering WA dengan suara sendiri secara mudah dan praktis.

Cara mengganti nada dering WhatsApp pakai suara sendiri

Cara mengganti nada dering WhatsApp pakai suara sendiri itu sejatinya cukup mudah. Secara umum, caranya adalah pengguna perlu merekam suaranya terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna bisa memakai audio rekaman suara tadi menjadi nada dering WA.

Baca juga: Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui dengan Mudah dan Praktis

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengganti nada dering WA dengan suara sendiri adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, silakan buka aplikasi untuk merekam suara di HP.
  • Selanjutnya, lakukan perekaman suara dengan menyebutkan sesuatu sesuai keinginan.
  • Setelah itu, simpan rekaman suara tadi.
  • Berikutnya, buka aplikasi WhatsApp di HP dan pilih menu “Setelan” atau “Settings”.
  • Kemudian, klik opsi pengaturan “Notifikasi”.
  • Klik opsi “Nada Notifikasi” dan pilih nada dering dari file rekaman.
  • Terakhir, pilih audio rekaman suara yang telah dibuat tadi untuk dijadikan nada dering WhatsApp.

Ilustrasi cara mengganti nada dering WA dengan suara sendiri.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti nada dering WA dengan suara sendiri.

Cukup mudah bukan cara mengganti nada dering WA dengan suara sendiri? Melalui cara di atas, pengguna bisa mengatur nada dering WhatsApp dengan suara yang tak membosankan menggunakan suara sendiri.

Baca juga: Cara Membuat Tulisan Bergaris Bawah di WhatsApp dengan Mudah dan Praktis

Demikianlah penjelasan cara mengganti nada dering WA dengan suara sendiri secara mudah dan praktis. Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijalankan pada ponsel Xiaomi dengan versi Android 10 dan MIUI 12.5. Beda platform yang dipakai, bisa beda pula caranya.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com