Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Makin Populer, Tipe "Buku" Geser "Clamshell"

Kompas.com - 03/06/2024, 16:33 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasar ponsel pintar lipat (foldable smartphone) global dilaporkan mengalami pertumbuhan sekitar 49 persen dari tahun ke tahun (year-on-year/YoY) pada kuartal pertama  tahun 2024, yang menandai kenaikan tertinggi dalam enam kuartal terakhir.

Laporan terbaru dari Counterpoint Research Foldable Smartphone Shipment Tracker mengungkapkan bahwa lonjakan tersebut terjadi karena adanya peningkatan pengiriman yang cukup besar dari sejumlah pabrikan ponsel asal China, khususnya Huawei.

Berkat dukungan jaringan 5G pada ponsel lipatnya, Huawei berhasil mencatat pertumbuhan YoY sebesar 257 persen, setara 35 persen dari total penjualan ponsel lipat global sehingga berhasil duduk di posisi teratas dalam pengiriman ponsel lipat global kuartal-I 2024.

Pada tahun sebelumnya, pabrikan ponsel Huawei menguasai 14 persen saja dari pengiriman ponsel lipat global karena hanya memproduksi ponsel lipat yang mendukung jaringan LTE, menurut Counterpoint.

Baca juga: Riset Counterpoint: Pasar Smartphone Global Tumbuh 6 Persen berkat Ponsel Kelas Menengah

Gambar pengiriman ponsel lipat global counterpointCounterpoint Gambar pengiriman ponsel lipat global counterpoint

Adapun produk ponsel lipat Huawei yang laris manis di pasar China bermodel book-type, Mate X5 dan model clamshell, Pocket 2, yang baru-baru ini diluncurkan serta memberi kontribusi yang signifikan terhadap pengiriman ponsel lipat Huawei di kuartal pertama.

Ponsel lipat Samsung menurun

Sementara itu, pengiriman ponsel lipat Samsung yang merupakan salah satu pelopor jenis perangkat tersebut justru turun 42 persen pada kuartal-I 2024. Porsinya di pengiriman global tercatat hanya 23 persen, dari sebelumnya 58 persen

Berbeda dengan pabrikan ponsel lipat Huawei yang hanya berfokus di pasar dalam negeri China, pabrikan ponsel lipat lain seperti Honor dan Motorola justru mencatat pertumbuhan pengiriman yang pesat di pasar luar negeri pada kuartal-I 2024.

Baca juga: 5 Besar Vendor Ponsel Global Versi Counterpoint, Samsung Teratas

Honor Magic V2 menjadi model ponsel lipat dengan pengiriman terbesar di Eropa Barat pada Q1 2024. Pangsa pasar Honor naik dari 3 persen di tahun sebelumnya menjadi 12 persen di 2024 sehingga duduk di peringkat ketiga dalam pengiriman ponsel lipat global.

Demikian juga Motorola, berkat model Razr 40 yang menjadi model ponsel lipat terpopuler di Amerika Utara, pabrikan ponsel yang berbasis di AS tersebut saat ini menduduki peringkat keempat dalam pengiriman ponsel lipat global atau sekitar 11 persen dari jumlah pengiriman

Tipe "buku" kalahkan clamshell

Counterpoint pun mengatakan bahwa ponsel lipat tipe "buku" untuk pertama kalinya dalam 11 kuartal terakhir mengalami kenaikan pada kuartal-I 2024, dengan menyumbang 55 persen dari total pengiriman pasar ponsel lipat global, melampaui ponsel lipat model clamshell/ flip.

Padahal sejak tahun 2021, ponsel lipat model clamshell yang porsinya sebagian besarnya dikuasai oleh Samsung selalu lebih populer karena harganya yang lebih terjangkau.

Baca juga: 10 HP Terlaris di Dunia Sepanjang 2023 Versi Counterpoint

Counterpoint juga menambahkan, beberapa pabrikan ponsel asal China seperti, Huawei, Honor, OnePlus serta Vivo yang membuat produk ponsel lipat book-type, telah mengakibatkan pertumbuhan ponsel lipat model clamshell milik samsung mengalami penurunan.

Meski begitu, pertumbuhan ponsel lipat model clamshell berpotensi akan tetap tumbuh tahun ini. Counterpoint memproyeksikan bahwa Samsung Z flip 6 bermodel clamshell yang akan dirilis nantinya akan mendorong pertumbuhan pasar di model tersebut.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CounterpointReasearch, Senin (3/6/2024), beberapa vendor smartphone seperti, Huawei, Honor dan Xiaomi juga berencana akan menambah ponsel lipat model clamshell di jajaran produk mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com