Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hanya Laptop, Acer Juga Punya Produk Perabot Rumah Pintar

Kompas.com - 06/06/2024, 14:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Acer dikenal sebagai perusahaan asal Taiwan yang membuat dan memasarkan komputer serta laptop mereka di Indonesia. Namun selain laptop, Acer juga ternyata memiliki banyak produk perabot rumah pintar (smart home appliances)

Produk perabot rumah Acer bisa dibilang beragam, mulai dari mesin cuci, pendingin ruangan (AC), kulkas, mesin cuci, dan masih banyak lagi. Namun, produk yang dipasarkan di Indonesia hanyalah kategori produk pembersih udara alias air purifier untuk segmen bisnis.

Produk air purifier Acer diberi nama Acerpure, dua model yang terbaru adalah Acerpure P3 Pro dan Acerpure Vero. Lantas, akankah produk smart home appliances Acer di Indonesia ini merambah ke kategori lain?

Baca juga: AI Belum Digunakan Maksimal, Acer Edukasi lewat AI PC

Product & Solution Director Acer Indonesia, Riko Gunawan mengatakan pasar Indonesia saat ini bukan menjadi pasar prioritas untuk produk perabot pintar bagi Acer. Namun, tak menutup kemungkinan produk tipe seperti ini akan masuk ke Indonesia.

Acerpure Vero dalam acara Tech Forward yang digelar di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).Kompas.com/BILL CLINTEN Acerpure Vero dalam acara Tech Forward yang digelar di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).

"Pada kategori home appliances, kami saat ini hanya memasarkan produk Acerpure saja di Indonesia," ujar Riko kepada KompasTekno dalam acara "Tech Forward" yang digelar di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024). 

"Ke depannya, kami akan terus melihat produk home appliances apa yang cocok di Tanah Air," imbuh Riko. 

Riko tak mengumbar apakah produk home appliances yang ada di Indonesia nantinya akan merambah ke tipe lain di luar lini Acerpure atau tidak.

Baca juga: 7 Air Purifier Murah 1 Jutaan untuk Bersihkan Udara

Namun yang jelas produk smart home appliances akan tetap dikembangkan oleh Acer Global, dan terus dipasarkan Acer di beberapa negara tertentu, termasuk di negara asal mereka di Taiwan. 

Product & Solution Director Acer Indonesia, Riko Gunawan dalam acara Tech Forward yang digelar di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).Kompas.com/BILL CLINTEN Product & Solution Director Acer Indonesia, Riko Gunawan dalam acara Tech Forward yang digelar di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).

Selain produk home appliances, Acer juga memiliki solusi sistem parkir pintar (smart parking system) dengan nama Acer Smart Parking. Solusi ini sudah bisa dipakai di Indonesia, namun Acer mengaku sulit untuk memasarkan solusi ini, terutama ke pemerintah.

Hal tersebut, menurut Riko, bisa berasal dari faktor kondisi jalanan di Indonesia yang kurang dan tidak cocok dengan sistem parkir pintar.

"Faktor lainnya juga bisa berasal dari infrastruktur kita yang belum siap, sistem penerapan sistem parkir pintar yang tidak mudah, serta kebijakan-kebijakan yang belum dibuat soal perparkiran modern," jelas Riko. 

Meski demikian, Riko mengaku pihaknya tetap terbuka terhadap pemerintah yang ingin menerapkan sistem parkir pintar, terutama untuk menghadirkan ekosistem kota pintar alias Smart City.

"Kami sangat terbuka dan mau membantu jika ada pemerintah daerah atau kota yang tertarik akan Acer Smart Parking, dan kami akan melihat apakah ini cocok diterapkan daerah tersebut atau tidak. Sebab, kebijakan terkait sistem perparkiran ini tentunya berbeda-beda setiap wilayah," pungkas Riko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com