Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acer Pamer Altos P330 F6, Komputer Server Bertenaga AI

Kompas.com - 05/06/2024, 19:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen laptop Acer menggelar acara bertajuk "Tech Forward" di bilangan Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (5/6/2024). Acara ini digelar untuk merayakan hari jadi ke-25 Acer.  

Product & Solution Director Acer Indonesia Riko Gunawan mengatakan bahwa acara ini juga dihelat untuk memperlihatkan rangkaian produk dan solusi Acer yang mampu menjalankan berbagai aplikasi dan pemrosesan kecerdasan buatan (AI), terutama untuk segmen bisnis.

"Teknologi AI kini sedang menjadi tren dan pemanfaatannya tidak bisa kita hindari. Oleh karena itu, acara ini kami gunakan untuk memaparkan rangkaian produk bisnis apa saja yang bisa menjalankan beragam pemrosesan AI," ujar Riko kepada KompasTekno dalam acara Tech Forward.

Baca juga: Acer Umumkan Swift 14 AI, Laptop Copilot PC Plus Perdana

Salah satu produk yang dipamerkan adalah komputer workstation (server) Altos P330 F6 yang diklaim bisa menjalankan fungsi AI generatif (pembuatan konten visual, musik, dll baru dari konten yang sudah ada) secara lokal di perangkat.

Fungsi ini mengandalkan model AI yang sudah dilatih dan tersimpan secara lokal di perangkat.

Secara teknis, produk ini ditenagai dengan prosesor Intel Xeon W7-2495X yang memiliki 24 inti (core) prosesor dengan kecepatan clock hingga 2,5 GHz. CPU ini dikombinasikan dengan RAM 64 GB, media penyimpanan 64 GB, serta pengolah grafis (GPU) Intel Arc Pro A60.

"Altos P330 F6 bisa menjalankan fitur Generative AI berupa Stable Diffusion. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat sebuah gambar baru dari teks secara langsung, sesuai dengan deskripsi mereka," kata Presales Manager Acer Indonesia, Arianto Subogo dalam kesempatan yang sama.

Selain produk workstation, beberapa produk laptop enterprise buatan Acer, seperti Acer Swift Go 14 AI, Acer Spin 14, Acer Travelmate P414, Acer Chromebook Vero Enterprise, dan lain sebagainya juga bisa mendukung beberapa fitur AI kekinian.

 Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-25, produsen komputer Acer menggelar acara bertajuk Tech Forward di bilangan Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (5/6/2024). Acara ini dihelat untuk melihat rangkaian produk dan solusi Acer yang mampu menjalankan berbagai aplikasi dan pemrosesan kecerdasan buatan (AI), terutama untuk segmen bisnis. Salah satu yang dipamerkan adalah Acer Travelmate P414KOMPAS.com/BILL CLINTEN Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-25, produsen komputer Acer menggelar acara bertajuk Tech Forward di bilangan Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (5/6/2024). Acara ini dihelat untuk melihat rangkaian produk dan solusi Acer yang mampu menjalankan berbagai aplikasi dan pemrosesan kecerdasan buatan (AI), terutama untuk segmen bisnis. Salah satu yang dipamerkan adalah Acer Travelmate P414

Salah satunya adalah teknologi atau fitur Auto Framing, yang memungkinkan video yang sedang direkam kamera atau webcam laptop pengguna bisa fokus ke pergerakan seseorang yang ada dalam bidikan kamera.

"Webcam laptop kami di segmen bisnis juga mendukung fitur memburamkan latar belakang (background blur) pengguna ketika melakukan panggilan video," imbuh Consumer Product Manager Acer Indonesia, Matius Tirtawirya di kesempatan yang sama pula.

Selain menunjukkan dan mendemonstrasikan kemampuan AI di produk bikinan mereka, Acer juga mengumbar serangkaian teknologi dan solusi yang bisa dimanfaatkan oleh para bisnis dan perusahaan.

Acer memerkan sejumlah perangkat teranyar buatannya pada Rabu (5/6/2024). Salah satunya adalah Acer Travelmate P414 untuk segmen enterprise.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Acer memerkan sejumlah perangkat teranyar buatannya pada Rabu (5/6/2024). Salah satunya adalah Acer Travelmate P414 untuk segmen enterprise.

Beberapa di antaranya seperti penyediaan hardware dari seri Notebook, Chromebook, Altos, Server, Cyber Security, Desktop, dan Home Appliances, menghadirkan layanan on-site support, hingga beragam layanan proteksi dan perlindungan perangkat untuk segmen bisnis.

Kemudian, Acer juga menghadirkan solusi untuk berbagai industri dan segmen tertentu, seperti edukasi (Jelajah Ilmu), kesehatan (Acer Medical), keamanan siber (Acer Cyber Security), serta fasilitas produksi lewat Acer Manufacturing Indonesia (AMI).

Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-25, produsen komputer Acer menggelar acara bertajuk Tech Forward di bilangan Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (5/6/2024). Salah satu yang dipamerkan adalah Acer Chromebook Vero EnterpriseKOMPAS.com/BILL CLINTEN Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-25, produsen komputer Acer menggelar acara bertajuk Tech Forward di bilangan Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (5/6/2024). Salah satu yang dipamerkan adalah Acer Chromebook Vero Enterprise

"Produk yang dibuat di AMI sudah memenuhi persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan siap memenuhi kebutuhan perangkat di setiap sektor, mulai dari pendidikan, industri kreatif, UMKM, industri perhotelan, pemerintahan, pertahanan, pertanian, medis, ritel, dan lain sebagainya," pungkas Riko.

Informasi selengkapnya mengenai produk dan solusi bisnis yang ditawarkan Acer bisa ditelusuri secara lengkap di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com