Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Standar Militer di Oppo A60, Samsung Xcover 7, dan Sharp Sense8

Kompas.com - 10/06/2024, 19:09 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun terakhir, banyak bermunculan gadget, seperti tablet dan smartphone tangguh yang mengantongi sertifikasi militer. Misalnya, Samsung Galaxy Xcover 7, Galaxy Tab Active 5, Sharp Aquos Sense8, Oppo A60, dan masih banyak lagi.

Sertifikasi militer, biasanya digunakan untuk meyakinkan konsumen bahwa gadget tersebut memiliki keunggulan "tahan banting", terutama jika digunakan di medan ekstrem, sepeti di area pertambangan.

Sertifikat yang umum digunakan smartphone atau tablet tangguh adalah MIL-STD-810G dan MIL-STD-810H.

Smartphone tangguh biasanya menargetkan para pekerja lapangan yang kerap menggunakan ponsel di medan dengan suhu tinggi atau rendah, punya bodi yang kokoh terhadap guncangan dan getaran, serta tangguh di segala kondisi cuaca.

Baca juga: Belah Duren hingga Pecah Walnut, Ini Rahasia Kekuatan Layar Oppo A60

Namun, ada pula smartphone dan tablet "militer" yang ditujukan untuk konsumen biasa, sebagaimana gadget lain pada umumnya.

Lantas apa sebenarnya standar militer di smartphone dan mengapa ponsel tangguh membutuhkan sertifikasi tersebut?

Dari militer ke smartphone

Military Standard atau disingkat MIL-STD adalah sistem penilaian perangkat di Amerika Serikat yang diberlakukan oleh Departemen Pertahanan AS dan dikelola oleh lembaga militer setempat.

Standar ini menjadi metrik yang bisa mengukur seberapa kuat ketahanan suatu perangkat di medan perang serta memenuhi syarat khusus terkait pertahanan.

Selain untuk kebutuhan militer, standar ini juga dipakai oleh banyak lembaga atau perusahaan untuk menguji ketangguhan dan ketahanan perangkat tertentu dalam kondisi ekstrem.

Oppo A60 digunakan untuk memecah walnut.Oppo Oppo A60 digunakan untuk memecah walnut.

MIL-STD-810 termasuk salah satu standar yang populer. Standar ini meliputi beberapa proses pengujian dalam bermacam kondisi termasuk dari guncangan, getaran, suhu ekstrem, radiasi matahari, dan sebagainya.

MIL-STD-810 awalnya dirancang untuk menguji peralatan laboratorium di berbagai lingkungan. Setelah hadir selama bertahun-tahun, standar ini diperbarui lebih lanjut dengan menambahkan huruf alfabet di belakang penamaannya.

Contohnya MIL-STD-810H misalnya, merupakan versi terbaru dari MIL-STD-810G yang sudah ada sebelumnya.

Tidak hanya di organisasi militer, sejumlah vendor gadget juga membuat perangkat yang memenuhi standar itu agar bisa menunjang produktivitas pengguna termasuk saat di medan yang menantang.

Baca juga: Garmin Tactix 7 AMOLED Hadir di Indonesia, Smartwatch Tangguh Bergaya Militer

Ilustrasi Ulefone Power Armor X11.Ulefone Ilustrasi Ulefone Power Armor X11.

Nah, beberapa standar militer perangkat yang cukup umum dipakai di dunia smartphone yaitu MIL-STD-810G dan MIL-STD-810H.

Kedua standar itu secara umum sama-sama memastikan bahwa perangkat yang lolos uji sudah memenuhi sekitar 29 pengujian, sehingga dinilai tangguh di pakai di lingkungan ekstrem.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com