Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis MacOS Sequoia, Bawa Fitur iPhone Mirroring dan Gaming

Kompas.com - 11/06/2024, 12:36 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple memperkenalkan sistem operasi terbarunya untuk perangkat Mac, yakni MacOS Sequoia di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 pada Selasa (11/6/2024) dini hari waktu Indonesia.

Setidaknya, ada enam fitur yang diunggulkan di MacOS Sequioa.

Keenam fitur tersebut terdiri dari iPhone Mirroring (Continuity), Windows Tilling (manajemen jendela di layar Mac), video konferensi di FaceTime dan Zoom yang ditingkatkan, aplikasi Passwords baru, fitur produktivitas baru di peramban Safari, dan pengalaman bermain game yang lebih imersif di Mac.

Fitur iPhone Mirroring yang bisa akses iPhone jarak jauhApple Fitur iPhone Mirroring yang bisa akses iPhone jarak jauh

iPhone Mirroring

Fitur iPhone Mirroring memungkinkan sejumlah perangkat Apple bisa saling terhubung, khususnya Mac dan iPhone. Ketika iPhone sedang berada di luar jangkauan Anda, Anda bisa mengakses layar iPhone langsung dari MacBook dengan mengakses aplikasi “iPhone Mirrong”.

Baca juga: Apple Umumkan iOS 18 untuk iPhone, Bawa Banyak Upgrade

Kesinambungan yang ditawarkan Apple juga diklaim mulus. Sebab, seluruh pengalaman yang ditawarkan di iPhone, bisa tetap diakses di Mac.

Saat mengakses “iPhone Mirroring”, tampilan layar iPhone secara vertikal akan muncul di Mac. Jendela layar iPhone bisa digeser ke kanan atau ke kiri untuk melihat keseluruhan menu.

Bahkan, pengguna bisa memesan makanan atau minuman di iPhone melalui Mac. Tinggal mengakses aplikasi belanja makanan, pilih makanan yang diinginkan, dan ketuk tombol pesan.

Hal ini mampu dilakukan karena keyboard dan trackpad di Mac terintergrasi secara langsung di iPhone.

Ketika mengakses iPhone Mirroring di Mac, iPhone akan tetap dalam keadaan terkunci sehingga keamanannya bisa tetap terjaminApple Ketika mengakses iPhone Mirroring di Mac, iPhone akan tetap dalam keadaan terkunci sehingga keamanannya bisa tetap terjamin

Demi menjaga keamanan dan data privasi pengguna, iPhone yang sedang berada di luar jangkauan akan tetap terkunci. Jadi, hanya pemilik iPhone saja yang dimungkinkan mengakses perangkatnya dari jarak jauh.

Ketika mengaktifkan fitur ini, notifikasi yang masuk ke layar iPhone juga akan muncul di Mac. Sistem akan membedakan mana notifikasi iPhone dan Mac dengan menambah ikon “iPhone” di ujung kiri bawah notifikasi. Penambahan logo tadi membantu pengguna mengetahui asal dari notifikasi yang masuk.

“iPhone Mirroring membuat segalnya menjadi lebih mudah tanpa banyak upaya dengan menggabungkan kekuatan Mac, serta layar yang besar untuk menyelesaikan tugas-tugas di iPhone,” ungkap Craig Federighi, SVP, Software Engineering Apple saat mempresentasikan MacOS Sequioa di sesi keynote WWDC 2024.

Craig juga menjelaskan lewat iPhone Mirroring, transfer data antara Mac dan iPhone bakal lebih mulus, hanya dengan tap and drag (sentuh dan geser).

Pengguna bisa mengambil footage video ataupun gambar yang dibutuhkan langsung ke aplikasi edit video di Mac. Bila proses editing selesai, video yang sudah diedit bisa langsung digeser kembali ke Photos iPhone.

Windows Tilling

Windows Tilling yang memudahkan pengguna mengatur tata letak jendela di layar Mac supaya terlihat lebih rapiApple Windows Tilling yang memudahkan pengguna mengatur tata letak jendela di layar Mac supaya terlihat lebih rapi

Windows Tilling memungkinkan pengguna mengelola jendela layar yang sedang dibuka dengan lebih mudah dan rapi dibanding sebelumnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com