Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis Aplikasi Kalkulator di iPad Setelah 14 Tahun, Ada Fitur "Math Notes"

Kompas.com - 11/06/2024, 15:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Apple resmi merilis aplikasi kalkulator bawaan untuk iPad, lewat sistem operasi terbaru iPadOS 18. Aplikasi kalkulator internal iPad ini hadir 14 tahun setelah tablet Apple generasi pertama dirilis pada 2010 silam.

Selama lebih dari satu dekade terakhir, pengguna iPad harus mengunduh aplikasi kalkulator pihak ketiga untuk menghitung di iPad.

Aplikasi kalkulator pihak ketiga ini sering kali penuh dengan iklan, jarang dioptimalkan untuk faktor bentuk iPad yang lebih besar, dan biasanya hanya untuk melakukan penghitungan matematika sederhana.

Namun, dengan iPadOS 18, pengguna bisa menghitung dengan aplikasi kalkulator bawaan baru dengan desain yang sama dengan kalkulator di iPhone. Bedanya, aplikasi kalkulator baru ini sudah dioptimalkan untuk layar iPad yang besar.

Baca juga: iPadOS 18 Resmi Dirilis, Bawa Fitur Kalkulator Pintar dan Kendali Jarak Jauh

Pengguna iPad bisa menggunakan kalkulator dasar dan ilmiah, lengkap dengan dukungan histori hitungan dan konversi satuan (panjang, berat, mata uang, dan lainnya).

Fitur Math Notes

Ilustrasi soal fisika yang diselesaikan dengan fitur Math Notes. Pengguna bisa menuliskan menuliskan soal, lengkap dengan variabel dan rumus/fungsinya di Notes kalkulator, seperti menulis di atas kertas. Nanti, kalkulator akan menyelesaikan soal secara otomatis, bahkan membuat grafik dari hasik persamaan.
YouTube/ Apple Ilustrasi soal fisika yang diselesaikan dengan fitur Math Notes. Pengguna bisa menuliskan menuliskan soal, lengkap dengan variabel dan rumus/fungsinya di Notes kalkulator, seperti menulis di atas kertas. Nanti, kalkulator akan menyelesaikan soal secara otomatis, bahkan membuat grafik dari hasik persamaan.
Yang menarik, Apple mengoptimalkan fungsi aplikasi kalkulator di iPad dengan stylus Apple Pencil, dengan menghadirkan fitur "Math Notes".

Pengguna bisa menuliskan soal hitungan (seperti matematika, fisika, anggaran jalan-jalan, dll) lengkap dengan rumus/fungsinya di Notes kalkulator, seperti menulis di atas kertas. Nanti, kalkulator akan menyelesaikan soal secara otomatis.

Variabel yang ditulis pengguna di soal bisa diganti-ganti, kemudian hasil akan kembali disesuaikan.

Baca juga: Kalkulator Dioprek Jadi Bisa Internetan, Casio Tuntut YouTube

Dengan Math Notes, pengguna juga bisa membuat grafik. Pengguna juga bisa mengubah variabel yang ada di soal, kemudian grafik juga akan ikut disesuaikan.

Demo fitur Math Notes di kalkulator iPadOS 18 bisa disimak melalui video berikut ini.

Ketersediaan kalkulator bawaan di iPad

Kalkulator internal ini akan tersedia untuk perangkat iPad yang kompatibel dengan iPadOS 18, sebagai berikut ini:

  • iPad Pro (M4)
  • iPad Pro 12,9-inci (generasi ketiga dan lebih baru)
  • iPad Pro 11-inci (generasi pertama dan lebih baru)
  • iPad Air (M2)
  • iPad Air (generasi ketiga dan lebih baru)
  • iPad (generasi ketujuh dan lebih baru)
  • iPad mini (generasi kelima dan lebih baru)

iPadOS 18 saat ini baru tersedia dalam versi developer beta. iPadOS 18 versi beta publik dijadwalkan untuk dirilis pada Juli mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi Apple, Selasa (11/6/2024).

iPadOS 18 versi stabil akan tersedia untuk di-download mulai September 2024 mendatang, dan dilakukan secara bertahap. Artinya, hingga akhir tahun ini, kemungkinan pengguna iPad dengan model di atas masih harus mengandalkan kalkulator bawaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com