Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fitur iOS 18 Terbaru, Ada AI, Kustomisasi Layar “Home”, Game Mode, dll

Kompas.com - 12/06/2024, 12:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru untuk iPhone, iOS 18, resmi diperkenalkan Apple dalam ajang WWDC 2024. Sebagai penerus iOS 17, iOS 18 membawa peningkatan dan pembaruan fitur yang cukup signifikan.

Ada banyak fitur baru iOS 18 yang dibawa untuk iPhone. Dibanding iOS 17, fitur-fitur yang dibawa iOS 18 memungkinkan pengguna mengatur iPhone miliknya dengan lebih personal. Selain itu, iOS 18 juga lebih pintar karena mendapat dukungan AI (Artificial Intelligence).

Baca juga: Cara Update iOS 18 Beta 1 di iPhone dengan Mudah dan Praktis

Dalam hal ini, pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui apa saja fitur iOS 18 yang terbaru. Lantas, apa saja fitur iOS 18 terbaru? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut KompasTekno rangkumkan daftar fitur iOS 18.

Daftar fitur iOS 18

iOS 18 bisa dibilang merupakan sistem operasi yang banyak membawa pembaruan dan peningkatan, baik dari segi tampilan atau fitur. Misalnya, dalam segi tampilan atau desain, iOS 18 dibekali kemampuan untuk memodifikasi ikon aplikasi di layar Home.

Kemudian, di segi fitur, iOS 18 membawa sejumlah peningkatan dan pembaruan fitur, seperti dukungan AI, fitur RCS di Message, fitur hitung otomatis di Notes, Game Mode, dan lainnya. Adapun daftar fitur iOS 18 yang lebih lengkap adalah sebagai berikut.

1. Apple Intelligence

Salah satu fitur iOS 18 yang cukup ditunggu-tunggu banyak pengguna adalah dukungan AI dan Apple kini telah mewujudkannya. Apple resmi membekali iOS 18 dengan dukungan AI yang bernama Apple Intelligence.

Apple Intelligence secara umum memiliki kemampuan untuk mengolah teks, gambar, dan audio. Apple Intelligence hadir melalui alat, aplikasi, atau fitur yang tersedia di iOS 18, seperti Writing Tools, Image Wand, aplikasi Image Playground, dan fitur di Photos.

Fitur Apple Intelligence di iOS 18.Apple Fitur Apple Intelligence di iOS 18.

Writing Tools menjadi salah satu alat utama dalam pengoperasian Apple Intelligence di iOS 18. Writing Tools memiliki kemampuan utama untuk mengolah teks. Writing Tools bakal hadir pada setiap layanan bawaan pengolahan teks di iPhone, seperti Mail, Notes, dan lainnya.

Selain itu, Writing Tools juga hadir di hampir semua aplikasi pengolahan teks pihak ketiga.
Dengan Writing Tools, pengguna bisa melakukan peninjauan (proofread) atas teks yang dibuatnya, sehingga dapat diedit lagi penggunaan bahasa dan strukturnya.

Kemudian, pengguna juga bisa menulis ulang teks (rewrite) yang terseleksi dengan tone dan bahasa yang baru. Selanjutnya, Writing Tools juga memungkinkan pengguna untuk merangkum (summarize) secara otomatis konten teks yang terseleksi.

Fitur AI Writing Tools di iOS 18 yang bisa meninjau, menulis ulang, dan merangkum konten teks pada iPhone.Apple Fitur AI Writing Tools di iOS 18 yang bisa meninjau, menulis ulang, dan merangkum konten teks pada iPhone.

Kemampuan Writing Tools ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk merangkum isi teks yang panjang di email dan transkrip audio. Selain Writing Tools, ada pula Image Wand. Berbeda dengan Writing Tools, Image Wand berfungsi untuk mengolah gambar.

Dengan Image Wand, pengguna bisa membuat gambar berdasarkan sketsa yang dibuat di aplikasi bawaan Notes. Pengguna tinggal membuat gerakan melingkar dengan jari atau Apple Pencil di sekitar sketsa, Image Wand bakal mengidentifikasi dan membuat gambar baru.

Fitur AI Image Wand untuk membuat gambar dari sketsa dan fitur pembuatan gambar yang bisa dipakai membuat emoji dari teks.Apple Fitur AI Image Wand untuk membuat gambar dari sketsa dan fitur pembuatan gambar yang bisa dipakai membuat emoji dari teks.

Dalam pengolahan gambar, Apple Intelligence juga menghadirkan aplikasi Image Playground yang bisa dipakai untuk membuat gambar berdasarkan teks. Di aplikasi ini, pengguna nantinya juga bisa membuat gambar berdasar saran yang diberikan.

Gambar Image Playground Apple Apple Gambar Image Playground Apple

Kemudian, selain alat, Apple Intelligence juga hadir sebagai fitur di beberapa aplikasi dan layanan bawaan. Misalnya, di aplikasi bawaan Mail, terdapat fitur Smart Reply yang memungkinkan pengguna membalas e-mail dengan jawaban yang disarankan.

Kemudian, di aplikasi bawaan Photos, Apple Intelligence memungkinkan pengguna untuk menghapus objek pada foto, membuat video singkat berisi kumpulan konten di Photos yang dihimpun dari deskripsi tertentu, dan mencari konten di Photos dengan input deskripsi.

Fitur notifikasi di iOS 18 juga mendapatkan dukungan Apple Intelligence. Dengan dukungan itu, pengguna bisa mendapatkan ringkasan notifikasi dari pesan-pesan penting yang dikategorikan sebagai prioritas.

Kehadiran Apple Intelligence juga meningkatkan kemampuan Siri dalam berinteraksi dengan pengguna. Dengan Apple Intelligence, Siri kini bisa berinteraksi dengan pengguna melalui teks, tak cuma perintah suara.

Dalam dukungan AI di iOS 18, Apple juga melibatkan integrasi ChatGPT, chatbot buatan OpenAI, pada fitur Siri dan alat Writing Tools.

Dengan integrasi tersebut, Siri dapat membuka ChatGPT untuk menjawab pertanyaan tertentu. Kemudian, integrasi ChatGPT ini juga meningkatkan kemampuan Writing Tools untuk membuat konten dari awal.

Dukungan AI di iOS 18 ini sayangnya tidak tersedia di semua model iPhone. Apple Intelligence hanya akan tersedia di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang menggunakan chipset A17 Pro.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com