Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Vivo X Fold 3 Sekarang atau Tunggu Samsung Z Fold 6 Sebulan Lagi?

Kompas.com - 12/06/2024, 15:01 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel lipat Vivo X Fold 3 Pro resmi meluncur di Indonesia pada Rabu (12/6/2024). Di Tanah Air, ponsel ini dijual dengan harga Rp 27 juta dan kabarnya memiliki spesifikasi serupa dengan varian China yang dijual lebih murah, sekitar Rp 22 juta (10.000 yuan).

Secara kompetisi, Vivo X Fold 3 Pro akan langsung "menyenggol" vendor ponsel lipat yang sudah ada di Indonesia lebih dulu, salah satunya adalah Samsung.

Vivo X Fold 3 Pro hadir di Indonesia kurang dari sebulan sebelum smartphone lipat terbaru Samsung. Samsung akan meluncurkan Galaxy Z Fold 6, pada 10 Juli 2024 mendatang.

Mengacu pada generasi sebelumnya, ponsel lipat anyar Samsung itu kemungkinan besar akan bisa langsung dipesan di Indonesia usai peluncurannya. Artinya, pengguna yang mengincar ponsel lipat baru bisa memesan Vivo X Fold 3 Pro yang baru tersedia pada akhir Juni/awal Juli, atau menantikan Samsung Z Fold 6 yang kemungkinan sudah bisa dibeli pada akhir Juli.

Baca juga: Bocoran Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6, Lebih Tipis dan Punya Kamera 200 MP?

Vivo X Fold 3 Pro sendiri akan langsung berkompetisi dengan Galaxy Z Fold 6, lantaran memiliki form factor serupa dengan mekanisme lipatan layaknya sebuah buku.

Selain form factor, harga ponsel lipat Samsung juga kemungkinan akan mirip dengan ponsel lipat Vivo, dengan potensi perangkat Samsung akan sedikit lebih murah. 

Bisa dibilang begitu lantaran harga Samsung Z Fold 6 kemungkinan akan dijual di angka termurah Rp 25 juta. Harga ini mengacu pada harga peluncuran dua generasi sebelumnya, yaitu Galaxy Z Fold 4 dan Z Fold 5 yang dijual di angka yang sama untuk varian terendah.

Harga Vivo X Fold 3 Pro sendiri dijual pada angka Rp 27 juta tadi. Nah, perbedaan harga Rp 2 juta ini tentunya akan sedikit menghemat dana pengguna.

Baca juga: Harga Vivo X Fold 3 Pro dan X100 Pro di Indonesia Bocor Sebelum Acara Peluncuran Hari Ini

Dengan harga yang lebih murah, apakah spesifikasi Galaxy Z Fold 6 akan serupa dengan Vivo X Fold 6? Hal ini belum bisa diketahui dengan pasti. Namun menurut beberapa bocoran yang sudah beredar di internet, Galaxy Z Fold 6 akan memiliki peningkatan dibanding generasi sebelumnya, Galaxy Z Fold 5.

Baca juga: Bocoran Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6, Desain Makin Jelas

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6

Bocoran desain Samsung Galaxy Z Fold 6Smartprix Bocoran desain Samsung Galaxy Z Fold 6

Pada aspek layar, Samsung Z Fold 6 kemungkinan akan memiliki layar yang sedikit lebih besar dengan bezel yang lebih tipis dari generasi sebelumnya.

Selain itu, bekas lipatan di layar utama perangkat ini juga diprediksi akan lebih samar dari generasi sebelumnya, dan layarnya juga disinyalir akan lebih terang dari ponsel lipat yang ada saat ini.

Secara dimensi perangkat, Galaxy Z Fold 6 kemungkinan juga akan memiliki dimensi ketebalan yang lebih tipis dibanding Galaxy Z Fold 5.

Desain keseluruhan ponsel ini kabarnya akan menyerupai ponsel flagship Samsung lainnya, yaitu Galaxy S24 Ultra, dengan keempat ujung layar yang agak menyiku (squared), tidak membulat (rounded). 

Baca juga: 16 Juta Unit Smartphone Lipat Beredar di Pasaran, Samsung Mendominasi

Bocoran desain Samsung Galaxy Z Fold 6Smartprix Bocoran desain Samsung Galaxy Z Fold 6

Beralih ke aspek performa, Samsung Z Fold 6 kabarnya akan mengandalkan chipset terbaru dan terkuat Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, dengan varian RAM dan storage hingga 16 GB dan 1 TB, serta kapasitas baterai yang lebih besar dari generasi sebelumnya.

Fitur pendukung lainnya di ponsel lipat terbaru Samsung nanti kabarnya meliputi beragam fitur kecerdasan buatan (AI) khas perusahaan, alias Galaxy AI yang berasal dari tampilan antarmuka One UI 6.1.1 berbasis Android 14, hingga beberapa fitur anyar yang akan fokus di aspek produktivitas dan gaming.

Nah, dengan bocoran tanggal peluncuran, harga, dan spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6 yang disebutkan di atas, apakah Anda ingin membeli Vivo X Fold 3 Pro sekarang atau menunggu ponsel lipat Samsung terbaru terlebih dahulu?

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Oppo Find N3, Smartphone Lipat yang Tidak Biasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com