Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yahoo Mail Dapat Fitur AI, Bisa Otomatis Rangkum E-mail Penting

Kompas.com - 12/06/2024, 17:01 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TheVerge

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Yahoo memperbarui aplikasi Yahoo Mail untuk desktop, dengan menghadirkan aneka fitur berbasis kecerdasan buatan (AI), yang mencakup tab baru untuk menyoroti (highlight) dan merangkum e-mail penting milik pengguna.

Dalam laman resminya, Yahoo mengatakan bahwa pembaruan tersebut adalah yang terbesar dalam hampir satu dekade, serta dirancang untuk membantu penggunanya tetap teratur dan menyelesaikan tugas dengan lebih mudah.

Adapun salah satu fitur yang diperkenalkan oleh Yahoo dalam pembaruannya itu yakni fitur tab prioritas yang berada di kotak masuk (inbox) pengguna.

Yahoo menyebut, Tab Prioritas dibuat dengan memanfaatkan kemampuan AI generatif yang dapat secara otomatis menyoroti pesan paling penting terlebih dahulu, lalu memberikan ringkasan satu baris dari isi e-mail tersebut.

Baca juga: Yahoo Akuisisi Artifact, Aplikasi Berita Buatan Pendiri Instagram

Nantinya, ringkasan yang dihasilkan oleh AI itu bakal muncul di bagian atas e-mail yang telah dibuka di tab prioritas, bersamaan dengan rekomendasi tentang bagaimana cara merespons email tersebut.

Fitur baru Yahoo MailYahoo Fitur baru Yahoo Mail

Sebagai contoh, fitur itu dapat memindai serta memahami e-mail tentang acara sepak bola anak-anak yang akan datang. Fitur tersebut lalu memberikan berbagai rekomendasi tindakan dalam bentuk ringkasan poin-poin yang mudah dibaca.

Ada tombol quick actions dan bisa terhubung ke layanan e-mail lain

AI Yahoo pun dirancang guna memudahkan pengguna dalam mengakses dan menindaklanjuti email dengan cepat. Selain itu, AI ini juga dapat menghasilkan tombol quick actions tergantung dengan isi emailnya.

Misalnya, jika pengguna menerima e-mail tentang acara yang akan datang, Yahoo Mail bakal menyediakan tombol quick actions, sehingga dengan begitu, pengguna dapat menambahkan acara tersebut ke dalam kalender mereka dengan sekali klik.

Baca juga: Riset Microsoft: 92 Persen Pekerja Kantoran Indonesia Pakai AI, Kalahkan Persentase Global

Tombol quick actions disebut akan langsung muncul di dalam kotak masuk, sehingga pengguna dapat menyalin kode verifikasi, melacak paket, melakukan check-in penerbangan, hingga melihat detail reservasi kamar hotel, cukup dengan sekali klik.

Yahoo Mail pun turut memperkenalkan panel starred view baru, yang diklaim mampu memberikan pengguna cara yang mudah untuk melihat, mengakses tugas terpenting mereka maupun hal-hal yang ingin dikunjungi kembali.

Ilustrasi Starred View YahooYahoo Ilustrasi Starred View Yahoo

Terakhir, Yahoo Mail kini juga memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan kotak masuk mereka dengan akun e-mail lain, seperti Gmail, Microsoft Outlook, dan AOL, sehingga mereka bisa mengirim dan menerima semua e-mail di Yahoo Mail.

Baca juga: Prosesor AI AMD Ryzen 8040, Pro 8040, dan Pro 8000 Series Resmi Masuk Indonesia

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Rabu (12/6/2024), untuk sekarang, aneka fitur AI Yahoo Mail baru akan hadir untuk pengguna di Amerika Serikat. Mereka diberikan kesempatan untuk mencobanya dalam beberapa bulan ke depan.

Yahoo memastikan bahwa aplikasi mobile dari Yahoo Mail juga akan mendapat fitur generative AI, tapi belum mengungkap jadwal kehadirannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com