Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NotebookLM, AI Bikinan Google Khusus Penelitian Hadir di Indonesia

Kompas.com - 07/06/2024, 19:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google memperluas ketersediaan asisten penelitian dan penulisan berbasis AI, bernama "NotebookLM", ke lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia, Jumat (7/6/2024).

Google sebenarnya sudah mengumumkan NotebookLM sebagai software eksperimen pada Juli 2023. Kini, ketersediaan NotebookLM versi eksperimen diperluas ke lebih banyak negara, termasuk Indonesia.

Pengguna Google di Indonesia kebagian dan bisa menjajal NotebookLM melalui tautan notebooklm.google.com. NotebookLM bisa dijajal secara gratis dan dalam Bahasa Indonesia.

Pengguna di Indonesia bisa menjajal NotebookLM secara gratis dan dalam bahasa Indonesia.Situs NotebookLM Pengguna di Indonesia bisa menjajal NotebookLM secara gratis dan dalam bahasa Indonesia.
Sebenarnya, NotebookLM ini mirip seperti chatbot Google Gemini. Bedanya, NotebookLM dirancang sebagai tools AI yang fokus membantu pengguna memahami dan menjelajahi materi yang kompleks.

Baca juga: Order GoFood Kini Bisa Langsung dari Google Search dan Maps

Pengguna perlu mengunggah sumber materi (bisa berupa catatan penelitian, jurnal, transkrip wawancara, dokumen perusahaan, undang-undang, dll) miliknya ke NotebookLM.

Nah, nanti AI NotebookLM akan langsung ahli dalam materi tersebut. NotebookLM bisa memberikan ringkasan dan ide. Selain itu, pengguna bisa menanyakan berbagai hal terkait materi tersebut.

Hal ini bakal membantu pengguna memahami informasi, sehingga memudahkan draf tulisan, baik itu untuk keperluan pribadi, korporat, penelitian, atau lainnya.

Contonhnya, pengguna mengunggah tiga jurnal sebagai referensi skripsi ke NetebookLM. Pengguna bisa menanyakan soal perbedaan/persamaan topik yang diangkat, teori/konsep penelitian yang digunakan, temuan/hasil penelitian, dan sebagainya.

Dari jawaban AI NotebookLM, pengguna diharapkan bisa lebih mudah untuk menemukan ide bahkan memulai penulisan naskah skripsinya (atau naskah lainnya) sendiri.

Didukung Gemini 1.5 Pro

Ilustrasi Google AI NotebookLM.Blog Google Ilustrasi Google AI NotebookLM.
Yang menarik, NotebookLM kini hadir dengan kemampuan yang ditingkatkan. Salah satunyanya dengan adanya dukungan model AI bikinan Google yang paling mumpuni, yakni Gemini 1.5 Pro.

Dengan Gemini 1.5 Pro, NotebookLM jadi lebih canggih dengan memungkinkan pengguna menanyakan soal gambar, bagan, diagram yang ada di dalam sumber materi yang diunggah.

Peningkatan NotebookLM kali ini juga memperkenalkan beberapa fitur baru meliputi:

  • NotebookLM kini mendukung Google Slide dan URL web sebagai sumber, bersama dengan Google Docs, PDF, dan file teks.
  • Sitasi/kutipan sebaris (in-line citation) kini dapat membawa pengguna langsung ke sumber sitasi di file sumber pengguna. Dengan model sitasi ini, Google menyebut, pengguna dapat dengan mudah memeriksa ulang respons AI atau mendalami teks aslinya.
  • Ada Notebook Guide (panduan notebook). Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan ringkasan materi secara otomatis.

Yang unik, pengguna bisa mendapatkan ringkasan dalam format lain. Misalnya, format "FAQ" (frequently ask question). Dengan format FAQ, AI NotebookLM akan merinci beberapa poin pertanyaan yang mungkin sering ditanyakan soal materi yang diunggah pengguna, termasuk jawabannya.

Ada juga format Table of contents, yang menyajikan ringkasan sesuai daftar isi, misalnya, per Bab atau subbab.

Ada juga format "Study Guide" (panduan belajar), menyajikan beberapa pertanyaan kuis/esai, besarta jawabannya. Ada format "Timeline" untuk meringkas garis waktu penting (berdasarkan tahun/bulan) dalam sumber materi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com