IBM Rilis Komputer Terkecil di Dunia, Lebih Mungil dari Butiran Beras - Kompas.com

IBM Rilis Komputer Terkecil di Dunia, Lebih Mungil dari Butiran Beras

Kompas.com - 21/03/2018, 11:31 WIB
Ilustrasi komputer IBM yang berukuran 1x1mm. Foto kiri memperlihatkan kemasan berisi beberapa unit komputer. Foto kanan memperlihatkan perbandingan ukuran satu unit komputer (persegi berwarna hitam) di tengah tumpukan kristal garam.IBM Ilustrasi komputer IBM yang berukuran 1x1mm. Foto kiri memperlihatkan kemasan berisi beberapa unit komputer. Foto kanan memperlihatkan perbandingan ukuran satu unit komputer (persegi berwarna hitam) di tengah tumpukan kristal garam.

KOMPAS.com - Seberapa kecil ukuran sebuah komputer utuh bisa diciutkan? IBM, pekan ini, memperkenalkan sebuah komputer yang diklaim terkecil di dunia. Ukurannya hanya 1x1 mm, lebih kecil dari butiran beras atau bahkan garam sekalipun.

Meski mungil, perangkat tersebut sudah lengkap terdiri dari prosesor, memori, dan unit komunikasi yang tertanam di sebuah motherboard khusus. Daya komputasinya sebanding dengan komputer desktop x86 dari era 1990-an.

Memang tenaganya tidak sebesar chip mobile masa kini, apalagi komputer desktop modern. Namun, ia memang diperuntukkan bagi keperluan berbeda, yakni melacak keaslian dan pengiriman dengan basis teknologi distributed ledger.

Distributed ledger adalah rekaman transaksi terdesentralisasi  yang digunakan sebagai dasar teknologi cryptocurrency alias mata uang virtual.

Dalam hal pengiriman barang ini, komputer mungil IBM bisa berfungsi sebagai semacam “watermark digital” yang terbenam di barang untuk mencegah pemalsuan dan penyalahgunaan dalam jalur logistik.

Ilustrasi komponen komputer mungil bikinan IBM.IBM Ilustrasi komponen komputer mungil bikinan IBM.
Ukurannya kecil sehingga bisa disematkan di berbagai macam benda, termasuk boks kemasan. Harganya pun disebut bakal murah, sekitar 10 sen dollar per unit.

“Teknologi (komputer mungil) ini akan memberikan solusi baru untuk persoalan keamanan makanan, keaslian komponen, barang-barang hasil relayasa genetika, serta identifikasi barang palsu dan asal-usul barang mewah,” sebut Kepala Riset IBM, Arvind Krishna, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Rabu (21/3/2018).

Di luar logistik, masih banyak kemungkinan penggunaan lain untuk komputer mini yang belum bernama tersebut. Bahkan, dengan beberapa ratus ribu transistor yang terdapat di dalamnya, sang komputer nantinya bisa saja menjalankan program kecerdasan buatan sederhana.

Si komputer mungil kini nasih berada dalam tahap pengembangan. IBM belum mengungkapkan kapan ia akan siap digunakan di industri, kecuali prediksi “dalam lima tahun ke depan”.

Baca juga : 10 Chip yang Paling Banyak Dipakai Android di 2017



Close Ads X