Rasanya Main Game di Layar 120 Hz Samsung Galaxy S20 Ultra

Kompas.com - 23/02/2020, 09:03 WIB
PUBG Mobile berjalan di Galaxy S20 Ultra. KOMPAS.com/Bill ClintenPUBG Mobile berjalan di Galaxy S20 Ultra.

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, Samsung menyematkan layar dengan spesifikasi kekinian mirip ponsel gaming, di deretan ponsel Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra

Bisa dibilang begitu lantaran ketiga ponsel tersebut kompak mengusung layar berjenis Dynamic AMOLED 2X, yang memiliki refresh rate mencapai 120 Hz, berikut touch response rate hingga 240 Hz.

Sekadar informasi, layar dengan refresh rate 120 Hz sejatinya mampu menampilkan animasi antar menu yang lebih mulus dibanding layar standar dengan refresh rate 60 Hz. Walhasil, proses multi-tasking pun akan terasa lebih cepat.

Lantas, apakah tingkat kemulusan ini berlaku ketika ponsel digunakan untuk bermain game?

Baca juga: Apa Itu Angka Refresh Rate 120 Hz di Ponsel Gaming?

Untuk menjawabnya, KompasTekno sempat menguji ketangguhan varian tertinggi dari Galaxy S20, yakni Galaxy S20 Ultra, untuk dipakai bermain game dari bermacam genre.

Beberapa genre tersebut mencakup battle royale (PUBG Mobile, Call of Duty: Mobile), MOBA (Mobile Legends, Marvel Super War), action-RPG (Black Dessert, Honkai Impact 3), hingga racing (Need for Speed: No Limits, Asphalt 9).

Hasil uji coba

Secara keseluruhan, seluruh game yang kami coba bisa dijalankan dengan mulus dan lancar di Galaxy S20 Ultra. Tak aneh memang karena perangkat ini merupakan ponsel kelas flagship dengan hardware kelas atas.

Namun, apabila dihubungkan dengan layar 120 Hz, jujur kami tidak merasakan ada perbedaan yang begitu signifikan terkait dengan mulus atau tidaknya aneka game yang disebutkan tadi berjalan di ponsel tersebut. 

Mengapa? Sebab, setiap game sejatinya memiliki batas frame rate maksimal masing-masing. Bagi yang belum tahu, meski terdengar serupa, refresh rate sejatinya berbeda dengan frame rate

Honkai Impact 3 di Galaxy S20 Ultra menampilkan pengaturan FPS maksimal 60 fps.KOMPAS.com/Bill Clinten Honkai Impact 3 di Galaxy S20 Ultra menampilkan pengaturan FPS maksimal 60 fps.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X