Kompas.com - 30/03/2020, 07:05 WIB

KOMPAS.com - Kebersihan perangkat elektronik menjadi makin diperhatikan di tengah maraknya wabah Covid-19. Selain smartphone, laptop yang sehari-hari digunakan juga rawan menjadi sarang kuman.

Hewlett Packard (HP) selaku salah satu pabrikan laptop pun berinisiatif membagikan tips untuk membersihkan perangkat komputer jinjing yang akan kita gunakan saat bekerja atau belajar dari rumah.

Ada beberapa langkah mudah dalam yang dijabarkan dalam keterangan tertulis yang dilayangkan oleh HP ke redaksi KompasTekno, Senin (30/3/2020). Selengkapnya sebagai berikut.

  • Sebelum mulai bersih-bersih, sebelumnya pastikan dulu laptop sudah dimatikan sepenuhnya. Cabut kabel listrik dari stop kontak dan baterai, apabila memungkinkan.

  • Gunakan cairan disinfektan yang disarankan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dengan kandungan akolhol 70 persen dan air 30 persen. Silakan merujuk pada manual atau instruksi pembuat perangkat untuk jenis cairan yang aman digunakan.

  • Gunakan kain microfiber untuk membersihkan perangkat dengan cairan disinfektan. Jangan tuang terlalu banyak agar tidak menetes dari kain. Sebaiknya gunakan sarung tangan sekali pakai ketika melakukan pembersihan.

  • Usapkan kain microfiber yang sudah dilembapkan dengan cairan disinfektan secara perlahan ke permukaan laptop. Jaga agar jangan sampai ada cairan menetes ke sela keyboard, panel layar, atau lubang konektor karena bisa menyebabkan kerusakan.

  • Ketika membersihkan layar, usapkan kain secara satu arah, dari bagian atas ke bawah.

  • Pastikan semua permukaan sudah benar-benar kering sebelum menyalakan perangkat kembali.

  • Buang sarung tangan setelah selesai membersihkan dan segera cuci tangan Anda.

Baca juga: Cegah Corona, Xiaomi Bagikan Tips Membersihkan Ponsel

Tips bekerja dari rumah dengan efektif

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.