Cara Balas Pesan WhatsApp Otomatis Tanpa WA Business

Kompas.com - 08/06/2020, 11:04 WIB
Aplikasi WhatsApp wikipedia.orgAplikasi WhatsApp

KOMPAS.com - Fitur autoreply WhatsApp atau membalas pesan WhatsApp secara otomatis memang baru tersedia di WhatsApp (WA) versi Business, yang ditujukan untuk para pemilik usaha.

Namun, pengguna WhatsApp reguler pun bisa membalas pesan otomatis, meski tidak mendaftarkan diri sebagai akun WhatsApp Business, dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Nah, tahukah Anda bahwa dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, Anda bisa membuat semacam chatbot untuk membalas pesan secara otomatis, tanpa harus membuka aplikasi WA?

Sebenarnya, banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membalas pesan WA secara otomatis di toko aplikasi Google Play Store.

Baca juga: Begini Cara Menggunakan Satu Akun WhatsApp di Dua Perangkat Sekaligus

Namun, pilihan KompasTekno tertuju pada aplikasi Auto Reply buatan PransuInc lantaran memiliki sejumlah fitur yang terbilang cukup lengkap dan gratis. Lantas, bagaimana cara memakai aplikasi tersebut?

Cara bikin pesan balasan otomatis

Pertama-tama, unduh aplikasi Auto Reply yang tersedia di Google Play Store lewat tautan berikut ini. Setelah terpasang, buka dan izinkan aplikasi untuk membaca notifikasi WA yang masuk.

Beberapa saat kemudian, pengguna bakal disodori dengan tampilan utama aplikasi Auto Reply. Di sini, klik ikon "+" yang berada di bagian tengah bawah antarmuka aplikasi untuk mulai membuat chatbot.

Cara membuat pesan balasan otomatis WhatsApp Business lewat aplikasi Auto Reply.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara membuat pesan balasan otomatis WhatsApp Business lewat aplikasi Auto Reply.

Pada halaman selanjutnya, pilih jenis aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan, apakah WhatsApp reguler (WA Official) atau WhatsApp Business, kemudian tulis kata kunci atau pesan yang nantinya bakal memicu balasan otomatis.

Misalnya, pengguna bisa mengetikkan kata kunci tanda "*" dan memilih opsi "All" untuk merespons semua pesan yang masuk agar dibalas secara otomatis.

Baca juga: Video: Cara Pakai WhatsApp Video Call 8 Orang Bersamaan

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X