Daftar 5 Besar Vendor PC Global Kuartal-III 2020, Lenovo Teratas

Kompas.com - 16/11/2020, 08:16 WIB
Ilustrasi Laptop cnet.comIlustrasi Laptop

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mendongkrak jumlah pengiriman PC (desktop dan laptop) secara global di kuartal ketiga (Q3) 2020 ini. Laporan firma riset pasar Canalys menyebut jumlah pengiriman PC tumbuh 22,7 persen pada Q3 2020 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Permintaan PC yang meningkat, dilatarbelakangi oleh kebutuhan pengguna untuk menunjang produktivitas mereka selama masa pandemi, seperti e-learning hingga bermain game.

Lenovo kembali memimpin pasar PC dunia di kuartal ketiga (Q3) 2020 dengan pangsa pasar sebesar 18,9 persen secara global. Pangsa ini berasal dari total pengiriman perangkat notebook, desktop, dan tablet sebanyak 23,5 juta unit selama Q3 2020.

Jumlah pengiriman ini meningkat dari periode yang sama tahun lalu di mana Lenovo mengirimkan sebanyak 19.840 laptop dan mendapat pangsa pasar sebesar 19,6 persen.

Apple menempel Lenovo dan berada di peringkat kedua dengan pangsa pasar sebesar 17,7 persen. Total pengiriman notebook, desktop, dan tablet Apple mencapai 22 juta unit selama Q3 2020.

Baca juga: Daftar 5 Besar Pabrikan Laptop Global, Siapa Teratas?

Angka tersebut juga meningkat dari periode yang sama tahun 2019. Meski total pengiriman Apple berada di bawah Lenovo, pertumbuhannya lebih besar yaitu mencapai 40,9 persen dibandingkan Q3 2020.

Di belakang Apple, ada HP yang menduduki peringkat ketiga dengan pangsa 15 persen dan total pengiriman laptop sebanyak 18,6 juta unit.

Sementara Dell dan Samsung belum mampu menyaingi tiga vendor lain di atasnya. Alhasil keduanya harus puas di posisi empat dan lima.

Adapun perolehan pangsa pasar keduanya masing-masing sebesar 9,7 persen dan 8 persen, dengan total pengiriman laptop masing-masing sekitar 12 juta dan 9,9 juta unit, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari halaman resmi Canalys, Senin (16/11/2020).

Daftar 5 besar vendor PC global kuartal ketiga (Q3) 2020Canalys Daftar 5 besar vendor PC global kuartal ketiga (Q3) 2020
Pertumbuhan jumlah pengiriman terbesar dialami oleh perangkat Chromebook. Secara keseluruhan pengiriman Chromebook meningkat 122 persen dari total 9,4 juta unit.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Dongkrak Pasar Tablet Dunia

Menurut analis Canalys, Ishan Dutt, perangkat Chromebook belakangan ini sangat diminati oleh para siswa guna mendukung kegiatan belajar secara online.

"Ketidakpastian terkait apakah sekolah akan kembali dibuka atau tidak telah memaksa institusi untuk beralih ke Chromebook, yang mampu menunjang kegiatan belajar mengajar secara daring di sepanjang tahun," kata Ishan.

Adapun peningkatan jumlah pengiriman PC ini diprediksi masih akan terjadi hingga tahun depan, mengingat pandemi Covid-19 yang masih belum usai.

"Meskipun produksi dan distribusi meningkat, lonjakan permintaan yang besar menyebabkan pesanan tidak terpenuhi, dan Canalys memperkirakan volume pengiriman yang tinggi akan terus berlanjut hingga awal 2021," pungkas Ishan.

Baca juga: Ada WFH, Penjualan Online Laptop Lenovo Naik Dua Kali Lipat




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X