Review Sackboy: A Big Adventure di PS4, Game Unik yang Tak Cepat Tamat

Kompas.com - 16/11/2020, 17:22 WIB
Ilustrasi game Sackboy: A Big Adventure di PS4. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi game Sackboy: A Big Adventure di PS4.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pengembang game asal Inggris, Sumo Digital, kembali merilis satu game anyar dari seri ikonik Little Big Planet, yakni Sackboy: A Big Adventure. Di game ber-genre action platformer ini pemain bakal memutar otak demi memecahkan beragam teka-teki.

Berdasarkan video cuplikan (trailer) yang diumbar Sony sekitar Juni lalu, Sackboy: A Big Adventure sekilas terlihat menjanjikan dan lebih menarik apabila dibandingkan dengan aneka game dari seri Little Big Planet sebelumnya.

Di hari peluncurannya, yakni 12 November kemarin, KompasTekno mendapat kesempatan untuk menjajal game yang memiliki ukuran file sekitar 33 GB ini di konsol PlayStation 4 (PS4) dan memainkannya selama beberapa jam. Berikut ulasan selengkapnya.

Fokus di karakter Sackboy

Hal pertama yang paling mencolok tentu saja judul game ini sendiri. Sackboy: A Big Adventure hanya mengizinkan pemain mengontrol satu karakter boneka tenun menggemaskan bernama Sackboy. Artinya, seluruh cerita bakal berpusat ke karakter tersebut.

Baca juga: Review Spider-Man: Miles Morales di PS4, Lebih Segar dan Kekinian

Sekilas, bentuk dan tampilan Sackboy mirip karakter Baby Groot dari salah satu film superhero Marvel, Guardian of the Galaxy. Hanya saja, Sackboy dibuat dari untaian benang atau mungkin karung (sack), bukan dari batang dan dahan pohon.

Karakter Sackboy yang tengah nangkring di balik layar kaca.KOMPAS.com/Bill Clinten Karakter Sackboy yang tengah nangkring di balik layar kaca.

Ketika masuk ke dalam game, kesan berbeda langsung terasa. Menu awal game ini sangat interaktif dan pemain bisa menjalankan Sackboy ke beragam arah, baik itu ke samping, ke belakang, hingga ke bagian depan sampai seakan mendekati layar TV.

Pemain dapat langsung menekan tombol "Options" untuk memulai permainan, kemudian mereka bisa menonton alur cerita awal dari game tersebut.

Menyelamatkan kampung halaman

Di game ini, Sackboy memiliki misi utama menyelamatkan kampung halamannya yang bernama "Craftworld" dari rencana seorang penjahat dari dunia lain bernama Vex.

Baca juga: Review Game Genshin Impact, Bukan untuk Pemain yang Mudah Bosan

Pemain bakal disodori dengan sosok Vex yang menakutkan yang tengah memorak-porandakan kota Craftworld yang tadinya cerah, berwarna, dan penuh karakter lucu menjadi suram, gelap, dan tidak berpenghuni.

Untungnya, Sackboy berhasil melarikan diri dan memiliki niat mulia untuk menyelamatkan Craftworld dan teman-temannya dari belenggu Vex.

Meski jalan cerita yang diusung bertema "penyelamatan dunia" yang terasa klise, banyak hal yang bisa ditelusuri dan dijalani pemain di game ini.

Karakter NPC Scarlet yang menjelaskan tentang Dreamer Orb.KOMPAS.com/Bill Clinten Karakter NPC Scarlet yang menjelaskan tentang Dreamer Orb.

Pertama-tama, pemain harus menelusuri beragam planet dan mengumpulkan bola kristal (orb) bersinar yang dijuluki "Dreamer Orb". Bola ini bisa dikumpulkan di berbagai penjuru level (stage) di lima planet.

Aneka stage ini jumlahnya mencapai puluhan memiliki nuansa latar belakang (background) musik yang berbeda dan enak didengar. Sehingga, pemain tidak mudah bosan menyelesaikan beragam puzzle yang mesti dipecahkan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X