Apa Itu Autothrottle yang Berfungsi Anomali dalam Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182

Kompas.com - 10/02/2021, 15:57 WIB
B737-500 Sriwijaya AIr PK-CLC. JETPHOTOS.com/ABDIEL IRVANB737-500 Sriwijaya AIr PK-CLC.

KOMPAS.com - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengumumkan laporan awal (preliminary report) kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Dalam laporan awal yang berdasar pembacaan kotak hitam Flight Data Recorder (FDR) tersebut, KNKT mengungkap adanya anomali di perangkat throttle pesawat Boeing 737-500.

Throttle adalah tuas untuk mengatur tenaga yang dikeluarkan mesin di pesawat, tempatnya berada di tengah kokpit antara kursi pilot dan kopilot, karena dioperasikan oleh keduanya.

Jumlah tuas throttle juga bergantung pada jumlah mesin di pesawat. Jika pesawat memiliki dua mesin, maka jumlah throttle ada dua. Jika pesawat memiliki empat mesin, jumlah tuas throttle di kokpit juga ada empat.

Untuk pesawat B737-500 Sriwijaya Air sendiri, menggunakan dua mesin, sehingga tuas throttle di kokpit ada dua buah.

KNKT menyebut, setelah ketinggian sekitar 10.000 kaki, tuas sebelah kiri (yang terhubung dengan mesin kiri) bergerak mundur atau mengurangi tenaga, sementara tuas throttle sebelah kanan tetap.

KNKT juga menjelaskan bahwa pesawat masih menggunakan mode autothrottle, artinya besaran tenaga (thrust) yang dikeluarkan mesin diatur oleh komputer di pesawat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat autothrottle dipasang (engage), komputer pesawat akan mengatur besaran keluaran daya mesin (thrust) yang dibutuhkan. Di pesawat Boeing, tuas throttle akan bergerak sendiri maju-mundur menyesuaikan komputer.

Baca juga: Sriwijaya Air SJ182 Turun 3.000 Meter Kurang dari Satu Menit

Throttle di kokpit B737-500, posisinya ada di tengah antara dua yoke (setir).Wikimedia Throttle di kokpit B737-500, posisinya ada di tengah antara dua yoke (setir).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X