Temukan Arah Kiblat yang Tepat dengan Aplikasi Android dan iOS Ini

Kompas.com - 14/04/2021, 12:01 WIB
Umat Muslim mengitari Ka'bah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Pelaksanaan haji yang istimewa tahun ini di tengah pandemi Covid-19 hanya diikuti sekitar 1.000 jemaah, dengan protokol kesehatan yang ketat. AFP/HO/SAUDI MINISTRY OF MEDIAUmat Muslim mengitari Ka'bah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Pelaksanaan haji yang istimewa tahun ini di tengah pandemi Covid-19 hanya diikuti sekitar 1.000 jemaah, dengan protokol kesehatan yang ketat.

KOMPAS.com - Kiblat merupakan acuan arah bagi umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah shalat. Sebab, salah satu syarat sah-nya shalat adalah dengan menghadap kiblat.

Arah kiblat sendiri mengacu pada Ka'bah yang berlokasi di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi. Bagi umat muslim Indonesia, arah kiblat berpatokan ke sekitar arah barat laut.

Sementara untuk menentukan arah barat laut, umumnya umat muslim dapat berpedoman pada arah terbenamnya matahari. Namun, di era yang serba modern ini, menentukan arah kiblat dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah.

Salah satunya dengan menggunakan aplikasi. Di antara berbagai aplikasi yang tersedia, ada tiga aplikasi yang cocok digunakan sebagai penentu arah kiblat.

1. Qibla Connect Find Direction

Berbagai fitur yang tersedia di aplikasi Qibla Connect Find DirectionGoogle Play Store Berbagai fitur yang tersedia di aplikasi Qibla Connect Find Direction
Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini hadir dengan fitur yang dapat mencari arah kiblat. Untuk menentukan arah kiblat, pengguna dapat membuka aplikasi Qibla Connect Find Direction dan klik opsi "Qibla".

Selanjutnya, akan muncul sebuah kompas virtual yang menunjukkan arah mata angin. Arah kiblat sendiri diindikasikan dengan jarum berwarna merah yang mengarah pada logo Ka'bah.

Baca juga: Aplikasi Jadwal Shalat dan Buka Puasa Ramadhan 2021 untuk Android dan iPhone

Pengguna juga dapat melakukan pengaturan pada desain kompas yang tersedia. Terdapat enam pilihan desain kompas yang dapat pengguna dengan bebas.

Selain, turut menyediakan beragam fitur ibadah lain seperti Al Quran, kumpulan doa-doa pendek, hingga alarm pengingat shalat.

Qibla Connect Find Direction tersedia khusus untuk pengguna Android dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store dengan ukuran 33 MB.

2. Qibla (Qibla direction & prayer times)

Antarmuka aplikasi penentu arah kiblat Qibla (Qibla direction & prayer times)Google Play Store Antarmuka aplikasi penentu arah kiblat Qibla (Qibla direction & prayer times)
Qibla merupakan salah satu aplikasi yang cocok digunakan untuk menentukan arah kiblat. Tampilan yang disajikan oleh aplikasi Qibla juga terbilang sederhana.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X