Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temukan Arah Kiblat yang Tepat dengan Aplikasi Android dan iOS Ini

Kompas.com - 14/04/2021, 12:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kiblat merupakan acuan arah bagi umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah shalat. Sebab, salah satu syarat sah-nya shalat adalah dengan menghadap kiblat.

Arah kiblat sendiri mengacu pada Ka'bah yang berlokasi di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi. Bagi umat muslim Indonesia, arah kiblat berpatokan ke sekitar arah barat laut.

Sementara untuk menentukan arah barat laut, umumnya umat muslim dapat berpedoman pada arah terbenamnya matahari. Namun, di era yang serba modern ini, menentukan arah kiblat dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah.

Salah satunya dengan menggunakan aplikasi. Di antara berbagai aplikasi yang tersedia, ada tiga aplikasi yang cocok digunakan sebagai penentu arah kiblat.

1. Qibla Connect Find Direction

Berbagai fitur yang tersedia di aplikasi Qibla Connect Find DirectionGoogle Play Store Berbagai fitur yang tersedia di aplikasi Qibla Connect Find Direction
Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini hadir dengan fitur yang dapat mencari arah kiblat. Untuk menentukan arah kiblat, pengguna dapat membuka aplikasi Qibla Connect Find Direction dan klik opsi "Qibla".

Selanjutnya, akan muncul sebuah kompas virtual yang menunjukkan arah mata angin. Arah kiblat sendiri diindikasikan dengan jarum berwarna merah yang mengarah pada logo Ka'bah.

Baca juga: Aplikasi Jadwal Shalat dan Buka Puasa Ramadhan 2021 untuk Android dan iPhone

Pengguna juga dapat melakukan pengaturan pada desain kompas yang tersedia. Terdapat enam pilihan desain kompas yang dapat pengguna dengan bebas.

Selain, turut menyediakan beragam fitur ibadah lain seperti Al Quran, kumpulan doa-doa pendek, hingga alarm pengingat shalat.

Qibla Connect Find Direction tersedia khusus untuk pengguna Android dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store dengan ukuran 33 MB.

2. Qibla (Qibla direction & prayer times)

Antarmuka aplikasi penentu arah kiblat Qibla (Qibla direction & prayer times)Google Play Store Antarmuka aplikasi penentu arah kiblat Qibla (Qibla direction & prayer times)
Qibla merupakan salah satu aplikasi yang cocok digunakan untuk menentukan arah kiblat. Tampilan yang disajikan oleh aplikasi Qibla juga terbilang sederhana.

Aplikasi ini menyediakan berbagai menu yang dikemas dalam ikon khusus. Untuk menentukan arah kiblat, pengguna dapat memilih ikon yang menyerupai bentuk kompas.

Selanjutnya, atur arah ponsel hingga jarum kompas sejajar dengan ikon bergambar Ka'bah. Apabila ponsel bergetar, maka pengguna telah berada dalam posisi yang menghadap ke arah kiblat.

Serupa dengan Qibla Connect Find Direction, aplikasi ini turut menyediakan fitur penunjang ibadah seperti, jadwal shalat, alarm pengingat shalat, serta jarak ke Ka'bah.

Qibla tersedia pada toko aplikasi Google Play Store dan memiliki ukuran yang tergolong ringan, yakni 12,7 MB.

3. Kompas Kiblat, Arah Kiblat AR

Antarmuka aplikasi Kompas Kiblat, Arah Kiblat A?RApp Store Antarmuka aplikasi Kompas Kiblat, Arah Kiblat A?R
Aplikasi Kompas Kiblat juga memiliki fitur utama yang mirip dengan dua aplikasi di atas, yakni fitur penentu arah kiblat. Fitur ini dapat langsung ditemukan pada halaman utama aplikasi.

Untuk menentukan arah kiblat, pengguna hanya perlu mengatur posisi arah hingga kompas menunjukkan posisi yang sejajar dengan indikator kiblat.

Baca juga: Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 untuk iOS dan Android

Pada aplikasi ini, pengguna juga dapat menemukan fitur Al Quran, kumpulan doa-doa, jadwal shalat, hingga berbagai bacaan khotbah.

Kompas Kiblat, Arah Kiblat AR tersedia secara eksklusif di App Store. Pengguna yang ingin mengunduh aplikasi ini disarankan untuk menyiapkan ruang penyimpanan sebesar 93,4 MB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com