Tips Memotret Gerhana Bulan dengan Ponsel

Kompas.com - 28/04/2021, 15:34 WIB
Puncak gerhana bulan sebagian atau parsial sekitar pukul 04:30 WIB terlihat dari Bekasi, Jawa Barat, Rabu (17/7/19). Durasi gerhana bulan sebagian ini dapat diamati selama dua jam dan 58,8 menit dari fase awal hingga fase akhir. ANTARA FOTO/PARAMAYUDAPuncak gerhana bulan sebagian atau parsial sekitar pukul 04:30 WIB terlihat dari Bekasi, Jawa Barat, Rabu (17/7/19). Durasi gerhana bulan sebagian ini dapat diamati selama dua jam dan 58,8 menit dari fase awal hingga fase akhir.

KOMPAS.com - Fenomena gerhana bulan merupakan salah satu peristiwa astronomi langka, di mana sebagian atau keseluruhan penampang Bulan tertutup oleh bayangan Bumi.

Ketika sedang berada pada titik ini, bulan akan terlihat lebih merah dari biasanya.

Karena fenomena ini terbilang langka, tak sedikit orang yang berminat untuk mengabadikan momen gerhana bulan lewat foto atau video.

Kabar baiknya, kini masyarakat dapat mendokumentasikan fenomena gerhana bulan secara langsung dengan ponsel mereka, baik ponsel berbasis Android atau iOS.

Baca juga: Begini Kerusakan Kamera akibat Memotret Gerhana Matahari

Meski demikian, terdapat beberapa tips dan langkah khusus yang perlu dipersiapkan oleh pengguna yang ingin menjepret foto gerhana bulan dengan lebih jelas.

Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan tips memotret gerhana bulan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cnet, Rabu (28/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketahui jadwal

Ketahui jadwal gerhana bulan kapan terjadi, hingga ke jamnya. Setelah mengetahui kapan gerhana bulan terjadi, buat perencanaan. Perencanaan termasuk persiapan peralatan apa yang akan dibawa, serta lokasi yang tepat atau yang diinginkan untuk memotret gerhana bulan.

Atur tingkat exposure kamera

Ketika membuka aplikasi kamera, ponsel pada umumnya akan menyajikan mode penangkapan foto otomatis. Namun ketika ingin mengambil gambar gerhana bulan, Anda wajib untuk mengatur tingkat exposure kamera.

Potret bulan supermoon yang diambil melalui kamera iPhone 11 ProHenry/CNET Potret bulan supermoon yang diambil melalui kamera iPhone 11 Pro

Caranya, Anda dapat mengunci obyek dengan menahan jari pada bulan di layar. Tunggu hingga muncul slider exposure di bawah kotak penanda fokus.

Selanjutnya, geser slider untuk meningkatkan atau mengurangi kecerahan sesuai kebutuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNET
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.