Facebook Jadi Berbayar di iPhone jika Pengguna Tak Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 05/05/2021, 12:16 WIB
ilustrasi Facebook 9to5Mac.comilustrasi Facebook

KOMPAS.com - Sistem operasi iOS 14.5 untuk iPhone dan iPad dibekali dengan fitur keamanan baru, di mana para pengembang aplikasi harus meminta izin ke pengguna, apabila mereka ingin memanfaatkan fitur pelacakan (tracking).

Fitur baru ini menjadi momok bagi sejumlah pembuat aplikasi, salah satunya Facebook. Sebab, tanpa fitur tracking, mereka tidak bisa melacak kegiatan dan aktivitas para penggunanya untuk menampilkan iklan yang relevan.

Kini, perusahaan Mark Zuckerberg itu meminta seluruh pengguna iPhone dan iPad berbasis iOS 14.5 untuk menyalakan fitur tracking atau "setuju" untuk dilacak, apabila mereka ingin menggunakan aplikasi Facebook dan Instagram secara gratis.

Baca juga: Apple Rilis iOS 14.5, Ada Fitur Anti Pelacakan Facebook hingga Emoji Baru

Hal ini mencuat berkat sebuah jendela pop-up yang bakal muncul ketika pengguna iOS 14.5 membuka kedua aplikasi tersebut.

Di sana, akan ada frasa yang berbunyi "Help keep Facebook/Instagram free of charge" alias "Bantu agar aplikasi Facebook/Instagram tetap gratis", sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Jendela pop-up di Facebook dan Instagram yang mendorong pengguna agar mereka setuju dilacak.TheVerge Jendela pop-up di Facebook dan Instagram yang mendorong pengguna agar mereka setuju dilacak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, jendela pop-up yang dilihat pengguna di versi iOS 14 tidak disertai dengan frasa itu, melainkan hanya frasa "Menampilkan iklan yang lebih relevan" dan "Mendukung UMKM yang mengandalkan iklan" saja.

Sejauh ini, Facebook sendiri belum mengumumkan apakah mereka berniat membuat aplikasi Facebook atau Instagram yang berbayar atau tidak.

Yang jelas, pengguna masih bisa menggunakan aplikasi tersebut apabila mereka ternyata tidak setuju untuk dilacak.

"Apabila kalian menyetujui jendela pop-up di Facebook dan Instagram, iklan yang kalian lihat di kedua aplikasi tersebut tidak akan berubah. Jika menolak, kalian masih akan melihat iklan, tetapi isinya mungkin tidak akan relevan," tutur pihak Facebook.

Baca juga: Cara Hilangkan Tag Porno Facebook dari Orang Tak Dikenal

Mereka juga mengklaim tidak akan mengumpulkan data-data baru, ketika pengguna menekan tombol "Allow".

Halaman:


Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X