7 Aplikasi Video Call untuk Silaturahmi Virtual Saat Lebaran

Kompas.com - 11/05/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi silaturahmi virtual dengan video conference. Shutterstock.Ilustrasi silaturahmi virtual dengan video conference.

KOMPAS.com - Seperti tahun lalu, Lebaran 2021 kembali harus dilalui di tengah masa pandemi yang belum usai. Pemerintah pun kembali melakukan larangan mudik bagi masayarakat meskipun ada beberapa aturan yang berbeda dibanding tahun 2020.

Oleh sebab itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak masyarakat untuk melaksanakan silaturahmi secara virtual. Langkah ini diambil guna menekan angka penyebaran virus Covid-19 agar tidak semakin meluas.

"Kita canangkan bersama-sama melakukan Lebaran tahun ini sebagai Lebaran digital. Lebaran digital itu keren," tutur Johnny dalam keterangan tertulis dari Kementerian Kominfo yang diterima KompasTekno.

Baca juga: Mudik Dilarang, Menkominfo Ajak Masyarakat Ber-Lebaran Digital

Menkominfo, Johnny G Plate juga menjanjikan bandwidth yang cukup untuk menunjang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 secara vitual.

Ada banyak aplikasi panggilan video atau telekonferensi yang bisa dimanfaatkan untuk menjalin silaturahmi dengan sanak dan kerabat yang jauh secara jarak, tanpa harus bertatap muka secara langsung

Nah, berikut ini 7 aplikasi video call  yang telah dihimpun oleh KompasTekno untuk membantu Anda merayakan Lebaran virtual tahun 2021.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. WhatsApp

Aplikasi pesan instan paling populer di Indonesia ini memang memiliki banyak fitur. Selain chatting melaui pesan teks, pengguna juga bisa melakukan panggilan telepon melalui WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Bisa Video Call 8 Orang Sekaligus, Begini Caranya

Bahkan, panggilan telepon memungkinkan hingga delapan orang secara bersamaan. Panggilan telepon juga bisa menampung hingga 50 orang, tetapi melalui Messengers Rooms.

Ilustrasi panggilan video pada WhatsApp WebWhatsApp Ilustrasi panggilan video pada WhatsApp Web

Kini, video call WhatsApp tidak hanya tersedia melalui smartphone, tetapi juga sudah bisa dilakukan melalui WhatsApp versi desktop. Aplikasi WhatsApp Android bisa diunduh di tautan ini dan WhatsApp iOS di tautan.

2. Telegram

Tahun lalu, Telegram baru saja menambahkan fitur video call di aplikasinya. Apabila masih menggunakan aplikasi Telegram versi lama, perbarui dulu untuk mendapatkan fitur video call.

Baca juga: Telegram Siapkan Fitur Group Video Call, Begini Penampakannya

Seperti WhatsApp, video call Telegram juga dilindungi enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption). Untuk melakukan panggilan video Telegram, pilih kontak yang dikehendaki.
Kemudian klik menu (tombol titik tiga di pojok kanan atas) > Video call.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X