Makna Tersembunyi di Balik Bunyi Lonceng iPhone saat Dicas

Kompas.com - 14/05/2021, 18:45 WIB
ilustrasi iPhone user reuters.comilustrasi iPhone user

KOMPAS.com - Ketika sebuah iPhone dicas, biasanya akan muncul sebuah notifikasi yang diikuti getar dan bunyi untuk menandakan bahwa daya ponsel sedang diisi.

Namun, tahukah kalian bahwa iPhone ternyata memiliki bunyi yang berbeda saat dicas? Perbedaan tersebut ada pada jumlah suara yang dikeluarkan saat iPhone tengah diisi baterainya.

Masing-masing jumlah suara memiliki maknanya tersendiri, setidaknya begitulah yang ditemukan oleh kontributor situs teknologi ZDNet, Adrian Kingsley-Hughes.

Ketika dihubungkan dengan pengisi daya, iPhone akan mengeluarkan bunyi yang mirip suara lonceng. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, Hughes menemukan ada tiga jenis bunyi charging iPhone.

Menurut Hughes, tiga jenis bunyi lonceng saat pengisian daya ini muncul di sekitar pembaruan iOS versi 11.3.

Baca juga: Logo Apple di Punggung iPhone Bisa Disulap Jadi Tombol, Begini Caranya

Pertama, kata Hughes, pengguna iPhone hanya akan mendapatkan satu kali bunyi lonceng, bila charger yang digunakan merupakan charger standar, seperti charger bawaan Apple.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, pengguna iPhone akan mendapatkan dua kali bunyi lonceng bila menggunakan charger yang mendukung pengisian daya cepat (fast charging).

Terakhir, kata Hughes, pengguna akan mendapatkan tiga bunyi lonceng bila menggunakan mode terbatas USB.

Skema bunyi charging iPhone berubah

Belakangan, Hughes melakukan investigasi lebih lanjut soal aneka penanda bunyi charging pada iPhone ini. Menurutnya, saat ini, fitur bunyi charging pada iPhone ini sudah tidak berfungsi seperti dulu lagi.

Sekarang, kata Hughes, secara default, iPhone hanya akan mengeluarkan sekali bunyi lonceng untuk menandakan daya iPhone sedang diisi, meski charger yang digunakan mendukung fast charging.

Baca juga: Harga iPhone 12 Terbaru di Indonesia Mei 2021

Halaman:


Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X