Zuckerberg Ungkap 3 Fitur Baru WhatsApp, Meluncur dalam Waktu Dekat

Kompas.com - 04/06/2021, 09:31 WIB
Ilustrasi WhatsApp The VergeIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - WhatsApp berencana untuk merilis sejumlah fitur baru dalam waktu dekat. Hal ini diungkap oleh situs WA Beta Info, yang kerap membeberkan fitur anyar WhatsApp.

Pihak WA Beta Info mengaku mendapat informasi tersebut secara langsung dari CEO Facebook Mark Zuckerberg dan WhatsApp Chief, Will Cathcart.

Melalui sebuah percakapan singkat, dua petinggi tersebut menyampaikan tiga fitur yang akan hadir di WhatsApp.

Baca juga: Pesan Suara WhatsApp Bisa Didengar Sebelum Dikirim, Begini Caranya

Disappearing Messages

Salah satu di antaranya adalah peningkatan pada fitur Disappearing Messages. Fitur ini memungkinkan pesan yang dikirimkan pengguna untuk terhapus secara otomatis setelah tujuh hari diterima.

Tampilan pengaturan pada fitur Disappearing Mode yang dapat ditemukan pada menu pengaturan WhatsApp.WA Beta Info Tampilan pengaturan pada fitur Disappearing Mode yang dapat ditemukan pada menu pengaturan WhatsApp.

Namun, fitur tersebut harus diaktifkan secara manual. Pengguna harus mengaktifkan mode Disappearing Messages di setiap kontak satu per satu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mempersingkat waktu, WhatsApp berencana untuk mengubah format mode Disappearing Messages menjadi secara universal.

Ketika diaktifkan, fitur ini nantinya memungkinkan pesan untuk terhapus secara otomatis di semua kontak dan grup setelah tujuh hari. Nantinya fitur ini dapat dijumpai pada opsi Privacy di menu Pengaturan WhatsApp.

View Once

Fitur lain yang kabarnya akan dibawa WhatsApp mencakup fitur "View Once". Sesuai dengan namanya, fitur ini mampu membuat foto dan video yang dikirim untuk dapat dilihat satu kali saja oleh pengguna.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Anti-pembajakan Akun lewat Kode OTP

Namun, WhatsApp bukanlah aplikasi pertama yang mengadopsi fitur ini. Sebelumnya, Facebook telah menghadirkan fitur serupa pada platform Instagram.

Multi-perangkat

Terakhir, Zuckerberg dan Cathart juga memastikan fitur dukungan WhatsApp multi-perangkat, yang memungkinkan satu akun untuk dapat terhubung ke empat perangkat sekaligus.

Sebelumnya, fitur bernama "Linked Devices" ini sudah dirumorkan bakal untuk segera hadir di WhatsApp. Kini, Cathart mengonfirmasi bahwa fitur ini akan diluncurkan pada WhatsApp versi beta dalam waktu dua bulan mendatang.

Zuckerberg menjelaskan bahwa fitur tersebut membutuhkan waktu untuk disempurkankan. Hal ini disebabkan adanya tantangan dari segi sinkronisasi pesan di semua perangkat yang terhubung.

Baca juga: Kominfo Tunda Pemblokiran Facebook, WhatsApp, dkk yang Tidak Daftar PSE

Namun kini Zuckerberg mengaku tantangan tersebut sudah berhasil di atasi. Alhasil, pengguna diharapkan dapat menggunakan satu akun di empat perangkat secara bersamaan tanpa harus keluar (log out) dari perangkat lainnya.

Dihimpun KompasTekno dari WA Beta Info, Jumat (4/6/2021), fitur "Linked Devices" dikonfirmasi juga akan hadir pada perangkat iPad. Untuk menguji fitur ini, Cathart berencana untuk mengadakan program beta test WhatsApp khusus untuk pengguna iOS.



Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.