Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melakukan Factory Reset di Ponsel Vivo

Kompas.com - 02/07/2021, 17:32 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Factory reset adalah proses untuk mengembalikan seluruh konfigurasi di ponsel ke pengaturan pabrik, termasuk menghapus seluruh aplikasi dan data yang terdapat di dalamnya.

Biasanya, factory reset dilakukan oleh pengguna yang ingin menjual atau memberikan ponsel yang dimilikinya ke orang lain. Cara melakukan factory reset terbilang mudah, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Misalnya, seluruh data yang dihapus selama proses factory reset tidak lagi dapat dikembalikan. Karena itu, pengguna disarankan untuk melakukan back up data penting terlebih dahulu.

Baca juga: Vivo X60t Pro Plus Meluncur dengan Snapdragon 888

Akun-akun yang terhubung pada ponsel, seperti akun Google, sebaiknya juga dihapus (remove/ sign out) sebelum melakukan factory reset. Pastikan juga baterai masih setidaknya 50 persen agar tak kehabisan daya di tengah jalan.

Cara factory reset ponsel Vivo

Langkah-langkah untuk melakukan factory reset lebih kurang serupa di semua ponsel Android, namun letak dan nama menu yang harus diakses mungkin berbeda antar merek.

Baca juga: Inikah Bentuk Tablet Pertama Buatan Vivo?

Khusus ponsel Vivo dengan sistem operasi Android 11 dan antarmuka FunTouch OS 11 , KompasTekno merangkum caranya di bawah ini.

  • Pertama, buka menu Settings pada ponsel dan pilih menu "System".
  • Pada menu tersebut, pilih opsi "Reset Options" > "Erase all data (factory reset)".
  • Jika sebelumnya telah memasang kode PIN atau password pada ponsel, maka Anda akan diminta untuk memasukan kode keamanan tersebut sebagai bentuk konfirmasi.
  • Setelah menekan tombol konfirmasi, ponsel akan restart dan menjalankan proses factory reset dengan indikator progress.
  • Apabila proses tersebut telah berhasil, ponsel akan menampilkan layar welcome seperti ketika pertama kali digunakan dulu.

Cara factory reset di ponsel Vivo.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara factory reset di ponsel Vivo.

Selain factory reset, ponsel Vivo juga menyediakan opsi untuk mengembalikan (reset) sejumlah penyetelan, yakni koneksi wireless Wi-Fi, Bluetooth, dan seluler, preferensi pada aplikasi, dan seluruh setting.

Gunanya adalah untuk troubleshooting apabila ada masalah yang muncul terkait beberapa setelan tadi. Beberapa problem bisa diselesaikan dengan cara mengembalikan setting sebelum melakukan factory reset sebagai solusi terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com