Nokia XR20 Resmi, Ponsel Android 5G Berbodi Tangguh

Kompas.com - 27/07/2021, 12:32 WIB
Nokia XR20. PhandroidNokia XR20.

KOMPAS.com - HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia, meresmikan kehadiran ponsel 5G terbarunya, yaitu Nokia XR20.

Ponsel ini memiliki nilai jual utama bodi yang dirancang tangguh, dengan kemampuan anti-air dan anti-debu bersertifikasi IP68 dan sertifikasi militer MIL-STD 810H.

Artinya, ponsel ini mampu bertahan pada kedalaman air hingga 1,5 meter selama 60 menit, sekaligus tahan banting dari ketinggian hingga 1,8 meter.

Untuk spesifikasinya, Nokia XR20 mengusung layar berdiagonal 6,67 inci beresolusi Full HD Plus (1.080 x 2.400 piksel) dan aspect ratio 20:9. Layar tersebut sudah dilindungi kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus.

HMD Global mengklaim, layar Nokia XR20 masih bisa digunakan saat pengguna mengenakan sarung tangan atau dengan tangan dalam kondisi basah.

Di sisi tengah atas layar terdapat sebuah punch hole atau lubang kecil yang memuat kamera selfie 8 MP.

Di bagian punggungnya, terdapat sebuah modul berbentuk persegi membulat yang merupakan rumah dari dua kamera belakang Nokia XR20. Terdiri dari kamera utama 48 MP dan kamera ultrawide 13 MP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamera tersebut dilengkapi dengan sejumlah fitur, meliputi Zeiss Optics, Zeiss Portrait, Zeiss Cinematic Effects, SpeedWarp mode, Action Cam mode, Night mode, Cinema mode, HDR, Beautification, Panorama.

Baca juga: RAM atau Chipset, Mana yang Lebih Penting Saat Memilih Smartphone?

Untuk sektor dapur pacu, Nokia XR20 ini ditenagai chipset Snapdragon 480 5G (8 nm) dari Qualcomm. Chipset tersebut dipadankan dengan RAM 6 GB dan penyimpanan media 128 GB, yang masih bisa diekspansi dengan microSD hingga 512 GB.

Nokia XR20 menjalankan sistem operasi (OS) Android 11. HMD Global berjanji akan memberikan tiga tahun update OS Android dan memberikan pembaruan keamanan selama empat tahun.

Ponsel ini ditopang baterai berkapasitas 4.630 mAh, dengan dukungan wired fast charging 18 watt dan wireless charging 15 watt.

Fitur lain yang dibawa oleh ponsel ini ialah konektivitas 5G, NFC, fingerprint side-mounted, colokan audio jack 3.5 mm, USB Type-C 3.0, Bluetooth 5.1, hingga WiFi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phandroid, Selasa (27/7/2021), Nokia XR20 akan mulai dijual di Amerika Serikat pada 24 Agustus mendatang, dan harganya mulai dari 550 dollar AS (sekitar Rp 7,9 juta).

Belum ada informasi resmi apakah Nokia XR20 akan dijual di pasar Indonesia atau tidak.

Baca juga: Game Nokia N-Gage Kini Bisa Dimainkan di Android



Sumber Phandroid
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.