Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

File APK Android Pensiun dan Diganti AAB, Apa Pengaruhnya untuk Pengguna?

Kompas.com - Diperbarui 11/08/2021, 08:51 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selamat tinggal format file Android Package Kit (APK). Format yang biasa digunakan para pengembang aplikasi untuk mendistribusikan aplikasinya di Google Play Store ini, akan resmi digantikan mulai 1 Agustus 2021.

Google menggantikan format APK dengan format baru, bernama Android App Bundle atau disingkat AAB (.aab). Format AAB pertama kali diperkenalkan Google dalam acara Google I/O 2018.

"Google Play akan mulai mewajibkan aplikasi baru untuk didistribusikan dengan format Android App Bundle mulai Agustus 2021. Ini akan menggantikan APK sebagai format distribusi standar," tulis Dom Elliott selaku Product Manager Google Play, dalam sebuah postingan di blog resmi Android Developers.

Baca juga: Mengenal AAB, Pengganti APK Android Mulai 1 Agustus 2021

Lantas, dengan adanya perubahan format APK menjadi AAB ini, apa pengaruhnya untuk pengguna Android?

Pengguna Android tampaknya tidak perlu khawatir dengan adanya migrasi format file APK ke AAB ini. Pasalnya, format ini sedianya digunakan pengembang aplikasi untuk mendistribusikan aplikasinya di Google Play Store.

Ketika aplikasi sudah didistribusikan di Google Play Store, maka pengguna tetap bisa memasang berbagai aplikasi dengan mengeklik tombol "Install" seperti biasanya.

Benefit bagi pengguna Android

Namun, yang pasti, perubahan format standar distribusi aplikasi Android dari APK ke AAB ini justru akan memberikan benefit kepada pengguna Android. Misalnya, pengguna bisa meng-install aplikasi dengan ukuran yang lebih kecil.

Elliot mengatakan, format file AAB memungkinkan ukuran aplikasi Android menjadi 15 persen lebih kecil, bila dibandingkan dengan aplikasi Android yang didistribusikan dalam format APK.

Format AAB bisa menghemat penyimpanan ponsel Android sebab sifatnya yang dinamis. Format ini membuat agar tidak semua file aplikasi perlu diunduh dan dipasang di ponsel, namun ujung-ujungnya tidak terpakai.

Misalnya, aplikasi yang diunduh tidak akan menyertakan fitur 4K jika mendeteksi ponsel yang dipakai tidak mendukung resolusi setinggi itu.

Baca juga: Selamat Tinggal File APK Android

Lalu, apabila ponsel pengguna memakai bahasa Inggris dan Indonesia, maka aplikasi yang dipasang kemungkinan tidak akan dibekali dengan dukungan bahasa asing macam bahasa Jerman, Perancis, dan lain sebagainya meski awalnya ada.

Inilah yang membuat aplikasi tidak memakan banyak tempat, dan semakin cepat diunduh, karena sifatnya yang dinamis tadi.

Dengan begitu, aplikasi yang didistribusikan dalam format AAB ini akan semakin ramah bagi pengguna smartphone dengan kapasitas penyimpanan internal yang minim.

Ukurannya aplikasi yang akan semakin kecil juga membuat pengguna bisa menghemat bandwidth ketika melakukan instalasi. Nantinya, proses pemasangan aplikasinya pun menjadi lebih cepat, sebagaimana dihimpun dari XDA Developers.

Di samping mengubah format, Google juga mewajibkan pengembang untuk mengganti penggunaan ekstensi file OBB dengan Play Asset Delivery dan Play Feature Delivery, untuk mengirimkan aset atau fitur yang ukuran unduhannya lebih dari 150 MB.

Baca juga: 5 Cara agar WhatsApp Tak Rakus Ruang Penyimpanan

Nah, berkat adanya Play Asset Delivery ini, format file AAB memungkinkan pengguna untuk memainkan aneka game dengan ukuran besar, tanpa harus menunggu proses pengunduhan selesai.

Elliott menjelaskan, penggunaan format baru AAB ini hanya diwajibkan bagi aplikasi baru yang akan didistribusikan pada mulai Agustus 2021, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Google.

Google sendiri mengklaim sudah ada lebih dari 1 juta aplikasi dan game yang sudah diplublikasikan di Google Play menggunakan format AAB ini.

Termasuk beberapa aplikasi yang masuk di kategori 1.000 aplikasi dan game teratas Google Play, seperti Adobe, Duolingo, Gameloft, Netflix, redBus, Riafy, dan Twitter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com