Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak 12 Tahun Jual NFT Emoji Ikan Paus, Laku Rp 5 Miliar

Kompas.com - Diperbarui 16/01/2022, 11:38 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Seorang anak laki-laki berusia 12 tahun asal London, Benyamin Ahmed, mengisi waktu liburan sekolahnya dengan membuat karya seni digital bernama "Weird Whales". Isinya berupa emoji ikan paus bergaya piksel.

Namun, tak dinyana, karya seni berisi total 3.350 buah emoji ikan paus itu berhasil terjual sebesar 290.000 poundsterling atau setara dengan Rp 5,7 miliar sebagai Non-Fungible Token (NFT).

Uang yang didapat Ahmed ini disimpan dalam bentuk Ethereum, mata uang kripto yang juga digunakan untuk menjual karya seni ikan pausnya itu.

Pantauan KompasTekno di situs opensea.io tempat Ahmed menjual NFT Weird Whales, deretan emoji ini sudah diperjualbelikan sebanyak 1.400 kali. Tercatat sudah ada 1.500 orang yang membeli karya seni Weird Whales ini.

Memang, belakangan ini NFT menjadi salah satu alternatif orang untuk menjual karya seni digitalnya.

NFT dapat diartikan sebagai sebuah token kriptografi yang mewakili suatu barang yang dianggap unik. Dengan memiliki aset NFT, pemilik seperti memiliki karya seni atau barang antik.

Sebenarnya NFT ini mirip dengan aset digital lainnya, seperti Bitcoin dan Ethereum. Namun, perbedaan mendasarnya ialah NFT ini tidak bisa dipertukarkan.

Baca juga: Tips Menjual NFT agar Cuan Seperti Ghozali Everyday

Beberapa emoji ikan paus dari karya seni Weird Whales milik Benyamin Ahmed.opensea.io Beberapa emoji ikan paus dari karya seni Weird Whales milik Benyamin Ahmed.

Karya seni kedua

Weird Whales sendiri adalah koleksi karya seni digital kedua dari Ahmed. Sebelumnya, ia juga pernah membuat koleksi karya seni digital yang terinspirasi dari game piksel Minecraft, bernama "Minecraft Yee Haa".

Koleksi NFT milik Ahmed yang pertama berisi 40 tipe avatar bergaya piksel. Namun, penjualan NFT Minecraft Yee Haa ini tidak sesukses Weird Whales.

"Saya membuatnya setelah menghabiskan terlalu banyak waktu bermain video game Minecraft," kata Ahmed. Dia menciptakan karya seni, lalu memprogram karya seni itu satu per satu sendiri.

Baca juga: Ingin Seperti Ghozali Everyday? Berikut Cara Membuat NFT di OpenSea

Dalam menciptakan Weird Whales, Ahmed terinspirasi dari meme ikan paus bergaya piksel popular. Kemudian, ia mengawinkannya dengan gaya seni digital melalui program yang dibuatnya sendiri. Maka, jadilah 3.350 tipe emoji Weird Whales.

Saat ini, Ahmed sedang mengerjakan koleksi karya seni digital ketiganya yang bertema superhero. Ia juga ingin membuat game bawah air yang menampilkan ikan paus.

Ayah Ahmed, Imran, menjamin karya seni anaknya ini tidak melanggar undang-undang hak cipta dan telah melibatkan pengacara untuk mengaudit karya seni Ahmed sebelum dijual.

Baca juga: Daftar 10 Besar Bahasa Programming Terpopuler

Belajar coding dari 5 tahun

Di usia 12 tahun, Ahmed sudah akrab dengan dunia teknologi, bahkan sukses membuat karya seni digital yang dijual sebagai NFT.

Hal ini tak lepas dari pengaruh ayahnya, Imran, yang bekerja sebagai seorang pengembang software yang bekerja di sebuah perusahaan keuangan.

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com