Twitter Rilis Communities, Fitur Baru Pesaing Grup Facebook

Kompas.com - 10/09/2021, 08:20 WIB
Ilustrasi Twitter businessinsider.comIlustrasi Twitter

KOMPAS.com - Pekan ini, Twitter resmi mengumumkan fitur baru di layanan jejaring sosialnya. Fitur baru tersebut adalah Communities.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengundang sejumlah teman ke dalam sebuah grup, sehingga dapat berinteraksi lebih intensif secara berkelompok.

Fitur Communities bisa dibilang mirip dengan grup di Facebook, yang dirancang untuk meningkatkan keintiman komunikasi dengan sesama pengguna lainnya.

Baca juga: Twitter Resmi Luncurkan Super Follows, Pengguna Bisa Dapat Uang

Sama seperti grup Facebook, Communities di Twitter juga memiliki moderator yang berperan sebagai "pengendali" utama grup.

Moderator dapat memilih siapa saja partisipan yang boleh bergabung menjadi anggota di dalam grup tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak cuma itu, moderator juga bisa membuat aturan khusus atau memblokir anggota yang sekiranya melakukan tindakan di luar batas.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (10/9/2021), anggota grup dapat membuat tweet secara langsung yang ditujukan ke anggota lain, tidak sebatas untuk pengikut (Followers) mereka saja.

Namun, tweet tersebut hanya bisa ditanggapi (Comment) dan disukai (Like) oleh sesama anggota yang tergabung dalam grup yang sama.

Fitur Communities di TwitterThe Verge Fitur Communities di Twitter

Untuk sementara, pengguna Twitter yang ingin menjadi anggota grup di Communties, saat ini hanya bisa masuk ke dalam grup melalui jalur undangan.

"Communities saat ini hanya bisa diakses melalui undangan. Kami sedang berupaya mencari cara agar pengguna dapat menemukan dan bergabung sebagai anggota di komunitas yang mereka inginkan," kata Twitter dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: 3 Bulan Dibuka, Pengajuan Centang Biru Twitter Kini Ditutup Lagi

Menurut Twitter, fitur Communities akan membantu pengguna untuk menemukan kelompok teman baru, berpartisipasi dalam sebuah grup obrolan yang relevan, serta berbagi informasi tertentu kepada orang-orang pilihan.

Di iOS, fitur Communities bisa dijumpai di bagian bawah, tepat di samping kiri tab "Notifications". Sedangkan untuk versi web, tab Communities berada di samping kiri, sejajar dengan tab lainnya.

Twitter mengatakan bahwa fitur Communities saat ini belum tersedia untuk pengguna berbasis Android.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.