Apa Itu Bootloop di HP Android dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kompas.com - 21/10/2021, 15:04 WIB
Ilustrasi sistem operasi Android phonearena.comIlustrasi sistem operasi Android

KOMPAS.com - Salah satu permasalahan yang seringkali dijumpai oleh pengguna smartphone Android adalah bootloop. Sebenarnya, apa itu bootloop dan bagaimana cara mengatasinya?

Arti bootlop adalah proses rebooting (ponsel mati kemudian menyala lagi) yang terjadi terus-menerus, alias ponsel melakukan proses restart dengan sendirinya secara berulang. Kondisi ini membuat smartphone tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Beberapa penyebab bootloop di HP Android adalah gangguan pada file sistem yang membuat ponsel tidak bisa berjalan dengan stabil, kerusakan pada file aplikasi, adanya virus, malware, masalah instalasi, memakai ROM yang tidak tepat, dan sebagainya.

Bootloop juga bisa disebabkan oleh modifikasi sistem yang berlebihan, atau masalah yang ditimbulkan oleh smartphone itu sendiri.

Baca juga: Mengenal Data Cache di HP Android dan Cara Menghapusnya

Ciri-ciri bootloop biasanya ditandai dengan adanya logo atau merek ponsel Android yang selalu muncul di tampilan layar smartphone. Ponsel juga akan terus melakukan rebooting secara berulang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2 jenis bootloop

ilustrasi bootloop di ponsel Androidandroidcentral.com ilustrasi bootloop di ponsel Android

Ada dua jenis bootloop yang dialami oleh HP Android. Pertama adalah Light Bootloop, lalu yang kedua yaitu Hard Bootloop.

Light Bootloop adalah kondisi di mana HP Android akan mengalami bootloop secara tiba-tiba, alias tidak bisa diprediksi kapan bootloop itu akan terjadi.

Sementara, Hard Bootloop merupakan kondisi di mana ponsel Android sudah tidak bisa dioperasikan seperti semula, lantaran proses rebooting terjadi secara terus-menerus.

Lantas, bagaimana cara mengatasi bootloop? Berikut adalah sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi bootloop, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari berbagai sumber, Rabu (20/10/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.